Rabu, 03 November 2010

Larisnya Penjualan Ipad & Samsung Galaxy

Sempat membaca di Detikinet tentang larisnya penjualan Ipad & Samsung Galaxy, secara tiba-tiba Tablet PC berhasil menggeser kepopuleran Netbook. Daya serap pasar Indonesia untuk produk Tablet PC mendadak meningkat. Setiap pemberitaan mengenai peluncuran produk IT terbaru di Indonesia selalu heboh. Dimulai dengan peluncuran Blackberry, Iphone, Netbook, Ipad, Samsung Galaxy, bahkan hingga peluncuran produk handphone buatan China pun tidak kalah heboh.

 

 

Mengapa beberapa tahun setelah krisis moneter tiba-tiba masyarakat Indonesia sangat tergila-gila dengan produk IT? Jutaan rupiah mengalir dengan cepat untuk membeli sebuah produk IT. Ada juga contoh penggunaan yang cukup aneh dari produk IT, yaitu : Blackberry. Di luar negeri Blackberry digunakan sebagai alat untuk mempermudah pekerjaan kantor/bisnis. Namun di Indonesia Blackberry tidak hanya dipergunakan oleh para pebisnis/pekerja kantoran, namun banyak juga dimiliki oleh para remaja & ibu rumah tangga.

 

 

Penggunaannya pun sudah bergeser, bukan lagi fokus ke bisnis, namun lebih sebagai sarana bersosialisasi. Sehingga yang saya lihat di Indonesia, yang lebih populer adalah aplikasi Facebook, Twitter, Chatting. Sementara kurang terdengar aplikasi-aplikasi perkantoran, atau aplikasi-aplikasi untuk memperlancar bisnis.

 

 

Pemanfaatan Blackberry Enterprise Server pun jarang terdengar di Indonesia. Padahal bisa saja data perusahaan di download ke perangkat Blackberry para karyawannya, sebagai sarana penyedia data pekerjaan bagi para karyawan yg berada di luar kantor. Sehingga para karyawan tidak perlu pergi ke kantor untuk mengakses pekerjaan mereka, namun mereka dapat mengupdate hal-hal yg berkaitan dengan pekerjaan langsung dari perangkat Blackberry mereka.

 

 

Dengan larisnya penjualan Tablet PC, akan kah para developer software juga mulai melirik peluang pengembangan aplikasi di Tablet PC? Diharapkan di waktu yang akan datang akan semakin banyak tersedia software bagi Tablet PC. Termasuk disini usaha dari para developer software bisnis/perkantoran. Sehingga tersedia berbagai software custome made yang dapat digunakan berbagai perusahaan untuk memperlancar kegiatan bisnis mereka.

 

 

Tablet PC juga membantu para karyawan untuk dapat tetap bekerja/mengupdate data yang berkaitan dengan pekerjaan mereka dari luar kantor.

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan mengisikan komentar apa aja, bebas aja, disini tempatnya ngomong bebas