Sabtu, 27 Februari 2010

TweetSpinner, Craigslist

Saya semakin memperdalam ilmu tentang Twitter, dari sebelumnya belum mengerti, berusaha menjadi lebih profesional dalam menggunakannya. Karena penasaran dengan perusahaan-perusahaan besar maupun artis-artis yang sangat gencar menggunakan Twitter sebagai sarana penunjang kesuksesan mereka.


Walaupun memang seringkali di Twitter saya temukan tweet yang kurang menarik. Seperti contohnya: tweet tentang aktivitas sehari-hari, atau kadang obrolan semacam chatting yang memenuhi halaman profil seorang anggota Twitter. Tapi saya terus bertahan dan berusaha terus memahami Twitter ini.


Saya cukup kagum dengan anggota Twitter yang mempunyai ribuan follower, jadinya di internet saya berusaha mengumpulkan ilmu kesuksesan mereka dalam menjaring follower, membuat tulisan yang menarik dan bermanfaat.


Saya mulai mempelajari tentang bagaimana cara menganalisa Twitter. Ternyata Twitter juga bisa dianalisa seperti hal nya situs-situs web lainnya. Di sebuah situs berita luar negeri saya menemukan artikel tentang situs-situs yang menyediakan tools berbasis web yang mampu menganalisa Twitter. Tools tersebut adalah: Tweepi, TweetSpinner, TwerpScan, UnTweeps, ManageTwitter.


Dari kesemua tools diatas, yang baru saya coba adalah TweetSpinner. Situs web ini dalam proses registrasi untuk menjadi membernya, tidak mengharuskan kita memberikan alamat e-mail untuk melakukan konfirmasi. Namun kita perlu memberitahukan username dan password account Twitter kita.


TweetSpinner memiliki beberapa fungsi dalam 1 halaman web nya. Fungsi yang cukup berbeda dari tools Twitter yang pernah saya coba sebelumnya adalah kemampuan TweetSpinner dalam menganalisa jumlah follower, dan jumlah orang yang kita ikuti (follow). TweetSpinner dapat melakukan unfollow kepada orang yang kita follow namun tidak memfollow kita kembali.


TweetSpinner juga mampu menganalisa orang yang kita ikuti berdasarkan kata kunci yang telah kita tentukan. Jadi TweetSpinner mampu melihat kecocokan antara kata-kata dalam tweet-tweet orang yang kita ikuti dengan kata-kata kunci yang kita tentukan di TweetSpinner. Sehingga kita bisa membuat kesimpulan, apakah orang yang kita ikuti selama ini memiliki minat yang sama dengan minat kita.Hal ini diperlukan dalam kita mencari teman berkomunikasi yang cocok dalam hal minat di Twitter.


Kemampuan lain dari TweetSpinner adalah membersihkan Direct Message yang dianggap Spam yang diarahkan kepada kita. Hal ini terasa bermanfaat bagi saya, dikarenakan saya pernah dikirimi Spam berisi fornografi dari pengguna Twitter lain. TweetSpinner juga memiliki fitur penjadwalan tweet, fitur ini mirip dengan yang dimiliki oleh situs FutureTweet.


Kita bisa menikmati keseluruhan fasilitas TweetSpinner apabila kita membayar sejumlah uang. Untuk versi yang gratis, ada beberapa fitur yang tidak diaktifkan.


Sementara situs Craigslist merupakan situs iklan bertaraf internasional. Kita bisa menjadi anggota dan memuat iklan kita di Craigslist secara gratis. Di situsnya juga tersedia domain untuk wilayah Indonesia. Saya memerlukan situs iklan untuk mempromosikan artikel-artikel di blog Ngomong Bebas. Dalam memuat iklan di Craigslist kita memang diminta melampirkan alamat e-mail. Namun kita bisa memilih mode anonymous, dimana nanti alamat e-mail yang kita lampirkan akan disamarkan dengan alamat e-mail dari Craigslist pada saat dipublikasikan. Untuk penggunaan e-mail di situs iklan atau Craigslist saya menyarankan anda untuk menggunakan fasilitas e-mail gratisan dari Yahoo. Karena Yahoo memberikan fitur anti spam yang berupa e-mail sekali pakai. E-mail sekali pakai ini juga bisa dibuatkan folder khusus untuk menampung e-mail – e-mail yang masuk. Jadi kalau inboxnya sudah penuh dengan spam, kita tinggal menghapus foldernya saja.

1 komentar:

silahkan mengisikan komentar apa aja, bebas aja, disini tempatnya ngomong bebas