Jumat, 01 Januari 2010

Perkembangan Pembelajaran Java SE, Download Film

Saya masih terus mendalami pemrograman Java SE. Masih berkutat dengan fitur JOptionPane.  Banyak sekali ternyata yang dapat dipelajari dari fitur ini. Komponen-komponen tambahannya ternyata banyak sekali. Ternyata JOptionPane bukanlah merupakan window dialog atau window popup semacam di pemrograman Visual Basic 6. Namun JOptionPane bisa berperilaku layaknya window biasa.



Input dari GUI JOptionPane ini baru bisa saya tampilkan dalam bentuk print screen di IDE, namun belum bisa di simpan di file dengan menggunakan proses Input/Output. Nanti kemudian akan belajar bagaimana menyimpan inputan-inputan ini ke dalam sebuah file semisal file berformat .txt yg bisa dibuka menggunakan software Notepad.



Saya sudah berhasil memanipulasi berbagai icon dalam tampilan window JOptionPane. Tulisan  pada tombol-tombol window JOptionPane pun sudah bisa saya personalisasi. Sudah mampu menulis kalimat pesan dialog yg panjangnya hingga beberapa baris. Saya masih mencari contoh-contoh pelajaran lainnya. Misalnya bagaimana penggunaan tombol-tombol keyboard untuk berinteraksi dengan JOptionPane.



Memang banyak sekali bahan pembelajaran bahasa pemrograman Java ini. Namun semuanya itu harus dipelajari satu per satu. Ya tidak bisa mau terburu-buru, kalau belum bisa berdiri, ya jangan mau langsung berlari. Bagaimanapun pondasi harus kuat terlebih dahulu. Karena kalau tidak kuat nanti kita sendiri yang akan kesusahan.


Sementara itu sarana hiburan saya telah berubah dari sebelumnya sering mendownload file musik berformat .mp3 dari internet, kini menjadi suka mendownload film. Banyak film menarik di internet, seperti anime atau film layar lebar.  Ternyata banyak  netter  yang mengupload film-film ke internet. File nya dipisah-pisahkan ke dalam beberapa bagian. Jadi mesti sabar mendownloadnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan mengisikan komentar apa aja, bebas aja, disini tempatnya ngomong bebas