Sabtu, 05 Desember 2009

Review Google Wave

Kemarin sudah berhasil daftar ke Google Wave & mendapatkan undangan Google Wave. Pas sore itu cepat banget setelah mendaftar langsung mendapatkan undangan. Sore itu juga langsung nyobain Google Wave. Ternyata tampilan versi preview nya ini masih sederhana. Tapi pas lihat video & baca tutorialnya, terlihat banyak juga fitur  yang ditawarkan.


Setelah mendaftar punya 8 undangan buat mengundang orang lain untuk mencoba Google Wave. Ternyata teman pertamaku di Google Wave kudapatkan dari situs www.koprol.com . mereka minta aku kirimi undangan. Lama kelamaan jadi kenal banyak member Koprol yang juga jadi member Google Wave. Google Wave ini mirip e-mail, tapi juga bisa buat chatting (malahan lebih canggih daripada fitur chatting lainnya, karena bisa Real Time Typing), bisa juga sebagai tempat sharing video, foto, file, dokumen dari Google Docs, bisa buat update status di Twitter.



Kalau buat update status di Facebook, ada fitur yang namanya Robot Tweety. Robot disini semacam bot yang biasa dipakai di dunia chatting. Robot bisa melakukan berbagai tugas & menambahkan fungsionalitas pada Google Wave. Jadi bisa juga kita menganggap si Robot sama dengan plug in atau add on pada software browser kita. Di Google Wave dikenal juga lho plugin. Biasanya untuk wave yg mengandung video dari Youtube maka ada logo warna hijau yang memiliki tooltip “plugin” .



Wave nya bisa diatur bersifat Public atau Private (komunikasi antar sesama teman). Kalau untuk yang Public kita harus menambahkan seorang teman yang juga merupakan bot dari Google Wave. Bot ini memiliki gambar icon Bola Dunia.  Kalau wave kita bersifat Public, maka bisa ditemukan & diakses oleh semua anggota Google Wave, dengan mengetikan kata: with:Public  di kotak pencarian di atas bagian Inbox.



Kalau misalnya ingin mencari wave yang berbahasa Indonesia, saya menggunakan kata kunci: with:Public indonesia . Walaupun hasilnya tidak seluruhnya adalah wave yg berbahasa Indonesia.  Sampai dititik ini, wave akan terasa bagaikan forum diskusi atau mailing list, malahan kita tidak perlu melakukan proses subscribe & unsubscribe untuk bisa mengikuti diskusi di wave-wave public itu.



Wave public juga bisa jadi sarana saling berkenalan antar sesama pengguna Google Wave, bisa untuk cari teman sehobi yang akan ditambahkan  ke daftar kontak kita. Menurut saya dengan menggunakan Google Wave kita tidak perlu memiliki e-mail client lagi semacam Outlook Express atau Thunderbird. Semua pesan diskusi bisa diikuti melalui halaman web Google Wave. Dan kita tidak perlu direpotkan dengan ratusan e-mail milis yang masuk ke komputer kita, tidak perlu menghapus e-mail - e-mail milis yang banyak & belum sempat dibaca.



Lagi pula forum atau mailing list di Google Wave juga bisa jadi arena Real Time Chatting atau Real Time Conference, karena kalau ada user lain yang sedang online di wave itu, kita bisa langsung melihat huruf demi huruf yang diketikan oleh user lain secara Real Time, jadi kita bisa langsung saling menanggapi. Sepertinya dimasa yang akan datang peranan e-mail memang akan digantikan oleh Google Wave. Kalangan bisnis pun sepertinya akan melirik Google Wave sebagai media komunikasi bisnis pengganti e-mail. Kalau sudah bergini maka produsen perangkat komunikasi semacam Blackberry yang mengandalkan fitur e-mail sebagai layanan andalan, perlu meredefinisikan e-mail/layanan tersebut.



Google telah mengantisipasi hal itu dengan meluncurkan OS untuk smartphone, yang disebut sebagai Android. Kemungkinan dimasa yang akan datang Google Wave akan diintegrasikan dengan Android. Maka strategi ini bisa jadi halangan bagi produsen Smartphone lain dalam menyediakan layanan bagi komunikasi bisnis. Karena model e-mail konvensional akan digantikan dengan model komunikasi Google Wave.



Untuk menggunakan layanan Google Wave ini memang akan terasa lebih mudah jikalau kita menggunakan Google Chrome Browser. Karena akan terasa lebih lancar & cepat. Mungkin saja coding halaman Google Wave telah dioptimasi untuk browser Chrome. Kita juga bisa memasukan emoticon dalam posting-posting kita di wave. Ini berkat robot emoticony yang akan muncul dengan otomatis bila kita memasukan kode-kode emoticonnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan mengisikan komentar apa aja, bebas aja, disini tempatnya ngomong bebas