Minggu, 06 Desember 2009

Racun Pada RSS Feed Twitter, Ping Untuk Koneksi Facebook – Koprol (BETA)

Kemarin RSS Feed untuk Twitter yang ada di blog ini sepertinya telah diracuni, maksudnya mungkin ada seseorang yang telah mengubah path RSS nya ke Twitter lain. Sehingga RSS itu telah saya hapus & saya gantikan dengan Shoutbox. Memang aplikasi pihak ketiga seringkali membawa kerawanan terhadap web. Sering ada celah keamanan di aplikasi tersebut yang dapat dimanfaatkan penjahat dunia maya untuk menyusup.



Sementara untuk situs Koprol, sudah sejak mendaftar di Koprol saya mengaktifkan fitur Facebook Connect & Twitter Connect, sehingga memungkinkan ketika saya posting di Koprol maka postingan itu juga akan masuk di status Facebook maupun Timeline Twitter saya. Namun aplikasi ini tidak beroperasi dengan benar sejak saat itu. Status saya di Facebook & Timeline saya di Twitter gagal di update walaupun saya posting hampir setiap hari di Koprol.



Akhirnya ada seorang teman di Koprol yang memberikan pencerahan, bahwa sebaiknya kita melakukan ping terhadap situs Facebook & Twitter agar postingan kita di Koprol bisa masuk/mengupdate Facebook & Twitter. Dalam percobaan yang saya lakukan baru berhasil untuk situs Facebook. Situs Twitter masih gagal diupdate dengan cara ini. Caranya dengan membuka browser, buka 2 buah tab, satu untuk halaman Facebook & satu lagi untuk halaman Koprol.



Login di kedua situs itu, pastikan anda telah mengaktifkan layanan Facebook connect & Twitter connect di Account Koprol anda (anda bisa memeriksanya di bagian Setting-Sharing pada halaman Koprol). Dan pastikan pula bahwa aplikasi Koprol di Account Facebook anda telah memiliki izin untuk mengupdate status anda di Facebook (lihat di bagian setting aplikasi di halaman facebook). Lakukan pemberian izin dengan cara mencentang check box yang ada.



Kemudian coba anda posting kalimat di koprol & kemudian buka halaman Profil facebook anda, lakukah refresh halaman, lihat apakah status facebook anda telah sama dengan kalimat yang anda posting di Koprol. Kalau belum buka aplikasi Command Prompt di OS Windows, kemudian jalankan perintah ping terhadap situs Facebook. Yaitu dengan mengetikan tulisan: ping www.facebook.com  .



Setelah itu tekan tombol ENTER di keyboard PC/Laptop anda. Maka proses ping sedang berjalan. Setelah proses ping selesai, kembali buka halaman koprol anda dan postingkan kalimat disana. Setelah terposting, buka halaman Profil facebook, refresh halamannya, lihat apakah status anda telah berubah. Jika belum juga lakukan proses ping di Command Prompt Windows, posting di halaman Koprol, refresh di halaman Profil Facebook secara berulang-ulang & perhatikan hasilnya.



Jika cara ini belum berhasil juga, maka coba buka aplikasi Koprol yang ada di facebook anda. Masuk ke halaman Koprol melalui aplikasi itu. Langsung saja menuju ke bagian Setting, kemudian pilih halaman Sharing, lihatlah di bagian Facebook Connect. Maka kini telah muncul sebuah tulisan berwarna biru, bercetak tebal. Klik di tulisan itu, maka akan muncul pop up window untuk otorisasi koneksi facebook-koprol. Klik saja tombol OK/Next yang ada di window itu. Maka akan muncul pesan bahwa facebook akan mengingat koneksi itu untuk selamanya.


Coba lagi ping di Command Prompt & posting di Koprol, kemudian refresh halaman Profil facebook anda. Jika kalimat di status facebook anda telah sama dengan kalimat yang anda postingkan di koprol, berarti anda telah berhasil mengupdate status Facebook anda melalui Koprol. Catatan: dari pengalaman saya mencoba memecahkan problem ini, sepertinya tulisan berwarna biru, bercetak tebal yang ada di halaman Setting-Sharing-Facebook Connect itu belum muncul sebelum kita melakukan proses ping, posting, refresh berkali-kali. Saya juga kurang faham apakah ini bug atau memang prosesnya harus seperti itu.


Saya berharap di kemudian hari proses mengkoneksikan antara Koprol dengan Facebook, tidak lagi memerlukan proses ping yang agak rumit ini.

2 komentar:

  1. untungnya saya ngk mengalami kesulitan mengkoneksikan akun Koprol saya ke FB dan Twitter... hanya saja sering delay beberapa menit saja sebelum tampil di Twitternya...

    BalasHapus
  2. @Dito: terimakasih pak sudah memberikan komentar. Saya termasuk orang yang mengalami itu. untung saja ada yang mau mengajari cara diatas. sehingga sampai sekarang Koprol saya tetap bisa mengupdate status Facebook milik saya.

    BalasHapus

silahkan mengisikan komentar apa aja, bebas aja, disini tempatnya ngomong bebas