Jumat, 25 Desember 2009

GPS Garmin, Google Earth, Java SE

Kemarin handheld GPS Garmin ku sempat tidak mampu mentransfer data-data waypoint yang sudah tersimpan di handheld ke komputer. Padahal sudah instal CD bawaan handheld itu. Akhirnya coba-coba cari cara pemecahan masalahnya di Internet. Terus coba download software MapSource versi terbaru yang juga buatan Garmin. Didownload juga peta Indonesia dari situs navigasi.net yang memang diperuntukan bagi Garmin.


Setelah instal kedua software itu di komputer pada akhirnya handheld Garmin mampu melakukan transfer data ke komputer. Ternyata setelah proses transfer data selesai, data dari handheld langsung dimunculkan di peta navigasi.net dalam wujud bendera-bendera waypoint berwarna biru. Jadi tidak perlu menggambar apa-apa, mungkin hanya perlu mengganti nama waypoint nya saja dan memberi keterangan untuk waypoint itu.


Lokasi yang ada di Mapsource juga bisa langsung ditampilkan di Google Maps & Google Earth. Hanya saja kalau di Google Maps, titik-titik waypoint yang sudah tergambar di MapSource tidak langsung muncul di tampilan Google Maps. Beda halnya dengan Google Earth, disini gambar waypoint dari MapSource akan muncul berupa bulatan, beserta dengan nama waypoint yang telah kita buat di Mapsource. Saya belum mencoba fungsi routing & tracking yang ada di MapSource. Contohnya dengan proses routing, apabila saya sudah menggambar rute di Mapsource, akankah gambar rutenya akan muncul juga di Google Earth, saya akan mencoba hal ini.



Sementara untuk pemrograman Java Standard Edition, saya sudah berhasil mendapatkan tutorial yang cukup bagus mengenai JoptionPane disitus: http://www.java2s.com/Tutorial/Java/  . Source code di situs ini berhasil saya praktekan di Netbeans IDE. Sementara ini masih terus mencari referensi mengenai JoptionPane , di situs SUN Java juga sepertinya ada referensi tentang JoptionPane.

3 komentar:

  1. di HP saya sudah terinstall aplikasi GPS Garmin, tetapi sampai sekarang belum pernah berhasil ngelock di suatu posisi. apa GPSnya ngk terlalu bagus ya? atau ada yang salah install...

    BalasHapus
  2. @Dito sejujurnya saya belum tau pasti apa masalahnya. tapi kalau belum bisa lock posisi, mungkin bisa dipertimbangkan lokasi pada saat pengambilan data posisi. apakah lokasi pada saat itu didalam gedung atau ada sesuatu yang menghalangi antena GPS dengan langit?

    soalnya setau saya & dari pengalaman, penggunaan GPS haruslah di luar ruangan. dan antena harus menghadap ke langit tanpa halangan apapun. tunggu beberapa saat sampai semua satelit GPS mengunci posisi kita.

    perlu diperiksa juga apakah hp nya benar-benar mendukung koneksi GPS secara built in, atau perlu perangkat tambahan yg biasanya terkoneksi melalui bluetooth.

    terimakasih untuk komentar anda di blog ini.

    BalasHapus
  3. thank u thank u... saya sendiri juga sebenarnya kurang mengerti apa permasalahan sebenarnya. apakah memang karena lokasi saya yang kurang tepat, atau mungkin setting-annya yang tidak benar :D

    BalasHapus

silahkan mengisikan komentar apa aja, bebas aja, disini tempatnya ngomong bebas