Minggu, 22 November 2009

Easy-Share.com , Koprol, Ftp

Aku kemarin udah bisa upload file pakai ftp ke Internet, setelah sebelumnya sempat berjuang cari infonya ke sana ke mari. Buka-buka Google. Kalau di situs-situs file hosting itu kebanyakan yang nawarin fitur upload file ke internet menggunakan ftp, hanya diperuntukan bagi user yang membayar iuran. Kalau buat user yang gratisan, nggak disediakan.


Jadi user yang pakai account gratisan cuma diperbolehkan upload file menggunakan fitur berbasis web. Padahal kalau pakai fitur berbasis web itu terasa lambat sekali proses upload nya. Aku pakai koneksi internet Speedy, berarti kan udah pakai broadband tuh. Tapi proses upload file yg puluhan megabyte masih terasa lambat, nggak secepat proses download nya.


Aku upload file menggunakan browser Mozilla Firefox versi terbaru. Terus aku coba upload disitus terkenal & besar kayak Youtube & 4shared.com . tapi tetap aja proses uploadnya lambat. Aku coba upload video berformat .flv di youtube. Padahal kan video berformat .flv itu sudah sangat ringan ukuran file nya, tapi masih juga lambat.


Terus untuk file yang aku upload ke situs 4shared.com, adalah folder yang berisi source code program java yang aku tulis. Foldernya sudah aku kompresi dalam format .zip, tapi kenyataannya tetap aja lambat. Jadi nya sempat bingung, kalau download kok bisa cepat, tapi pas upload lambat banget.



Pernah sih dengar kalau kecepatan upload koneksi internet Speedy itu lebih lambat dibandingkan kecepatan downloadnya. Tapi dari baca-baca artikel di Internet yang dari luar negeri, dikatakan juga bahwa proses upload file menggunakan jalur ftp & ftp client itu bisa 10 kali lebih cepat daripada upload file berbasis web & menggunakan browser.



Saran nih buat Speedy, kalau bisa kecepatan buat upload nya juga ditambah, jadi nggak kalah cepat sama kecepatan download nya. Soalnya di era internet seperti sekarang ini, dimana aktifitas sharing di internet semakin gencar dilakukan, maka kegiatan upload & download file menjadi berimbang intensitasnya.



Betapa enaknya kita kalau misalnya dalam urusan bisnis, pertemanan, keluarga ; kita bisa mengirimkan file komputer berukuran besar melalui fasilitas internet. Jadi nggak perlu di copy ke CD/Flashdisk, apalagi kalau sampai di print menggunakan printer. Kan sekarang ini yang populer adalah mengirimkan file attachment lewat e-mail. Tapi fitur attacment di e-mail punya keterbatasan dalam menampung besar file yang dikirimkan.



Sementara dari hasil info yang saya baca ftp (file transfer protocol) merupakan protocol standar dalam pengiriman file di internet. Teknologi ftp ini juga sudah lama ada. Jadi menurut saya teknologi ftp ini patut diandalkan untuk proses pengiriman file berukuran besar. Seperti video, musik, gambar beresolusi tinggi, software.



Memang di zaman sekarang sudah ada teknologi web 2.0 yang mendukung aktivitas sharing di internet. Tapi dari kenyataannya, terkadang teknologi web 2.0 ini kurang bisa diandalkan untuk proses transfer file yang termasuk dalam kegiatan sharing. Apalagi dengan teknologi jaringan internet di Indonesia yang seringkali tidak stabil kecepatannya, dan bahkan melambat. Teknologi web 2.0 malah kadang jadi terasa susah di buka di browser, karena prosesnya terasa sangat lama.



Kayaknya teknologi tua semacam ftp ini malah bisa jadi andalan, kesederhanaannya mampu mengatasi keterbatasan yang ada. Memang katanya teknologi ini kurang aman dalam hal transfer data, walaupun sudah ada pula teknologi secure ftp. Dari hasil pencarian saya, hanya menemukan 2 situs file sharing yang memberikan fitur ftp bagi pemilik account gratisan. Yaitu easy-share.com & Kiloupload.



Saya sudah coba yang easy-share.com , dan memang berhasil upload file menggunakan fitur ftp. Kecepatannya pun terasa lebih cepat daripada upload file menggunakan jalur web base. Kalau yg Kiloupload saya belum coba, si Kiloupload ini katanya bisa memforward file yang kita upload ke 12 situs file sharing yang berbeda.



Kalau situs www.koprol.com, itu aku tau nya dari berita di detikinet soal kegiatan Yahoo Hack Day di Jakarta. Terus kucoba mencari tau apa itu Koprol. Ternyata itu situs social networking buatan orang Indonesia. Aku sudah mendaftar & mencoba situs koprol. Ternyata fitur-fitur nya memang menggabungkan ide-ide dari situs-situs social networking lainnya. Dan saya suka penataan & desain fitur-fiturnya. Menurutku sangat cocok buat orang Indonesia.


Semua fitur yang populer dipakai orang Indonesia, ada di Koprol. Fitur lokasinya aku juga suka. Bisa jadi menambah info buat orang yang bersosialisasi di Koprol. Ide city guide nya juga menarik & cukup menantang untuk dikembangkan lebih lanjut. Dari hasil posting komentar di Koprol selama ini, aku cukup banyak menerima komentar dari user lain. Kegiatan obrolannya jadi terasa tambah hidup.


Mungkin karena penghuninya kebanyakan adalah orang Indonesia, jadinya kita langsung faham apa yang orang lain bicarakan di public timeline nya, topiknya juga bisa nyambung antara satu user dengan user lainnya. Beda kalau kita lihat di situs Twitter, yang Public Timeline nya kebanyakan di dominasi oleh tweet-tweet berbahasa Inggris, yang topik nya juga kadang kurang mengena dengan user dari Indonesia.


Jadi kayaknya situs Koprol ini perlu sebagai tempat menampung ide-ide lokal indonesia. Yang mungkin sulit difahami kalau dibicarakan di ajang social networking Internasional. Harapan saya ya semoga para pengembang content web lokal bisa mengelola dengan baik apa yang mereka buat & bisa terus mengikuti perkembangan zaman masyarakat Indonesia. Contoh content web lokal yang masih mampu eksis adalah kaskus.com .

Sabtu, 21 November 2009

Pengalaman Belajar Pemrograman Java 2

Kemarin sudah memanfaatkan software CamStudio untuk merekam aktivitas saya ketika melakukan coding bahasa pemrograman Java. Jadinya sekarang saya punya dokumentasi video tentang bagaimana saya mempelajari pemrograman menggunakan bahasa Java. Dokumentasi ini juga bisa membantu saya untuk mengingat bagaimana caranya saya memecahkan suatu kasus pemrograman. Dokumentasi video ini juga bisa saya upload ke file sharing di internet, sehingga para pembaca blog ini bisa melihat video yang saya buat.


Source code program yang saya buat pada saat saya mempelajari bahasa Java juga akan saya upload ke internet. Dan saya taruh link downloadnya di blog ini.

Kamis, 19 November 2009

Pengalaman Belajar Pemrograman Java 1

Saya mulai mempelajari pemrograman menggunakan Java. Sudah mendowload JDK, Netbeans, Ireport, JasperReport, JDBC, MySQL. Jadi rencananya ingin belajar membuat program database meenggunakan bahasa Java. Kenapa memilih belajar membuat program database? Karena dari hasil membaca referensi-referensi di Internet, ternyata database itu sangat penting dalam pembangunan aplikasi bisnis, dan merupakan bagian penting dari sistem informasi.


Sudah memiliki software CamStudio juga, sehingga aktifitas coding yang saya lakukan di komputer bisa direkam & di masukan ke dalam file video. Kemungkinan nanti source code yang saya buat & file video pembuatannya akan saya taruh di blog ini. Harapannya buat orang lain yang ingin belajar tentang pemrograman Java juga bisa melihat file-file saya sebagai tambahan referensi.

Kamis, 05 November 2009

Twitter, Lobby

Kemarin pas buka twitter ketemu fitur baru yang ada di Twitter, namanya List. Jadi di list ini kita bisa mengkelompok-kelompokan tweet yang kita tulis. Untuk privacy nya juga bisa kita atur, apakah mau yang sifatnya Public atau Private. Menurutku ini memudahkan kita untuk mengkelompokan tweet kita & juga memudahkan orang yang berkunjung ke halaman twitter kita untuk membaca tulisan kita berdasarkan topik yang kita buat.


Terus kalau ada tweet yang cuma mau kita bagi dengan beberapa orang saja, juga bisa. Yaitu dengan memilih list yang sifatnya private. Terus kemarin juga membaca artikel-artikel tentang lobby. Ternyata punya banyak teman & kenalan di internet itu bagus juga untuk melakukan lobby. Kita bisa dapat banyak informasi dari teman-teman kita. Bisa juga untuk memperluas jaringan. Nah kalau di twitter banyak juga tuh informasi yang berseliweran. Menurut saya kita perlu merekam info-info itu. Mungkin kita perlu mengarsipkan tweet dari orang-orang tertentu .


Karena di twitter, info nya terpotong-potong, sehingga kalau tidak dikumpulkan dahulu, baru kemudian dibaca, maka akan sulit bagi kita untuk memahaminya. Selain tweet dari orang itu, kita juga perlu mengumpulkan tweet dari orang-orang yang sering dia ajak bicara. Sehingga kita bisa memahami apa yang sebenarnya mereka bicarakan. Disinilah fungsi penting dari situs Twitter Search.

Blogged with the Flock Browser