Sabtu, 24 Oktober 2009

Windows 7

Kemarin dan hari ini rame banget berita tentang peluncuran Windows 7. Para produsen operating system yang merupakan saingan windows 7 pun ramai-ramai memberikan komentar yang merendahkan windows 7. Setidaknya itu yang saya pantau dari situs Detikinet.com . kemudian para pembaca situs detikinet pun beramai-ramai saling beradu komentar tentang windows 7 & operating system saingannya. Ada yang memihak windows, ada yang memihak kepada Apple, ada yang memihak kepada Linux. Mereka kok mau-maunya ya membela salah satu operating system? Ini juga yang bikin rating situs Detikinet bisa naik.



Kalau menurutku sih daripada ribut membela salah satu operating system mendingan mereka
mengembangkan/memahami secara mendalam masing-masing operating system itu. Coba aja mereka rasakan bagaimana sulitnya untuk memahami secara mendalam 1 operating system aja, memahami bahasa-bahasa pemrograman untuk mengembangkan 1 operating system saja. Masa mereka mau berusaha mempengaruhi kita untuk berpindah-pindah operating system?



Sebenarnya sih maunya konsumen & pengguna awam itu adalah mereka ingin software yang mudah digunakan, harganya terjangkau, dan bebas masalah. Ada software yang ngakunya kebal sama virus. Tapi begitu dipakai nyatanya ada aja terdengar virus-virus yang menggrogoti software tersebut. Artinya para pembuat virus kan mampu juga untuk memodifikasi kode-kode program dari software itu?


Sebenarnya kalau ada masalah kayak gini akhirnya para user/pengguna juga yang dibuat kesusahan. Mereka harus sibuk ngoprek, cari ilmu kesana kemari. Akhirnya menurutku ada saja pengguna yang merasa skeptis terhadap janji-janji para produsen software. Sebab janji & persaingan slogan diantara mereka seringkali pupus, hilang tak terasa seluruhnya ketika produk mereka di pergunakan oleh end user.



Untuk software Open Source saya juga berharap agar para pengguna tidak perlu lagi bersusah-susah mengunjungi forum-forum di internet untuk mengetahui sebuah informasi yang berguna bagi mereka dalam menggunakan software Open Source. Diusahakan untuk dibuat agar semua data/dokumentasi mengenai software Open Source bisa ditata di satu situs dengan sistem pencarian/search engine yang handal. Untuk file-file pendukung/driver/repository, sebaiknya juga jangan disebar ke berbagai tempat, tapi disatukan dalam 1 situs sehingga mudah untuk di download.



Semoga proses update & detection untuk hardware pada seluruh software Open Source bisa berjalan dengan otomatis & tepat. Mimpi-mimpi para pembuat software lain di luar Microsoft yang ingin menjadi produsen software yang paling banyak di pakai  software nya, menurut saya untuk mencapai mimpi itu mereka harus lebih memahami para end user. Dan bukan menggapai mimpi dengan merendahkan produk kompetitornya.
Blogged with the Flock Browser

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan mengisikan komentar apa aja, bebas aja, disini tempatnya ngomong bebas