Sabtu, 24 Oktober 2009

Modem USB Wireless

Baru-baru ini saya menemukan beberapa keanehan pada laptop yang menggunakan modem USB merek Invio & Sierra. Saya belum pasti apakah masalahnya dikarenakan modem atau karena ada sesuatu masalah pada laptop tersebut. Untuk laptop yang menggunakan modem Invio & menggunakan koneksi internet dari Star One adalah ketika terkoneksi ke internet, browser tidak dapat membuka situs-situs tertentu, contohnya Facebook, Windows Live. Sementara untuk Yahoo bisa dibuka dengan baik. Untuk aplikasi chatting juga ada masalah, untuk koneksi menggunakan Windows Live Messenger tidak dapat dilakukan, tapi kalau Yahoo messenger bisa melakukan koneksi. Laptop yang menggunakan modem Invio ini menggunakan sistem operasi Windows Vista, dan laptopnya merupakan produksi Toshiba.



Jadi kalau menurut dugaan saya masalahnya ada di port & pembacaan IP address. Karena untuk terkoneksi ke internet biasanya komputer membutuhkan port & IP address. Apakah ada kemungkinan ada port yang tertutup atau ada IP address situs yang terblokir? Belum tau pasti apakah ini karena ulah virus, malware atau karena salah setting? Kebetulan modem Invio ini belum bisa saya coba pergunakan di PC yang lain karena si pemilik modem kelupaan terus
membawakan CD driver modemnya. Dan setiap kali membuka situs-situs tertentu itu, keluar peringatan di browser bahwa sertifikat situs itu tidak valid, atau merupakan situs yang tidak aman, padahal facebook & windows live kan terbukti sebagai situs yang aman?



Kalau untuk modem  Sierra, kartunya menggunakan Telkomsel Flash, nah masalah pada modem & laptop ini adalah saat membuka browser & mencoba browsing tidak ada satupun situs yg bisa dibuka. Tapi pada saat update antivirus Avira, laptop masih bisa mendownload file update antivirus tersebut. Berarti di sini kan sinyal dari operator masih bisa ditangkap oleh modem itu, proses transfer data masih bisa dilakukan . Tapi kenapa tidak bisa untuk browsing menggunakan browser? Modem Sierra ini sudah saya coba pergunakan di PC lain yang menggunakan Windows Vista & kejadiannya sama saja.



Kata pemiliknya, kartu sim Telkomsel Flash nya sudah dibawa ke GraPARI, dan menurut customer service di GraPARI setelah melakukan pengetestan terhadap kartu sim itu, adalah kartu sim itu berjalan normal & dalam kondisi yang baik. Kalau memang begitu kan berarti kemngkinan masalahnya ada di modem atau laptopnya. Memang sih di kedua laptop itu setelah saya scan menggunakan antivirus Avira, menemukan banyak virus komputer yang bersarang di sana. Ini lah kesalahan fatal yang sering saya temui pada para pemilik komputer, yaitu mereka telah menginstal antivirus tapi malas untuk mengupdatenya setiap hari. Setelah virus dihilangkan pun masih saja masalah itu tetap ada. Jadi saya butuh informasi teknis tentang bagaimana peristiwa itu bisa terjadi & bagaimana cara menormalkannya. Laptop ini menggunakan Windows XP Professional & bermerek Forsa. Sementara ini saya masih mencari-carinya di internet.
Blogged with the Flock Browser

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan mengisikan komentar apa aja, bebas aja, disini tempatnya ngomong bebas