Sabtu, 31 Oktober 2009

Microsoft Visio, GIMP, KeepDiv, Javimoya, E-Lifestyle

Saya sekarang mulai menggunakan software Microsoft Visio untuk membuat grafik-grafik, bagan. Ternyata Visio ini memang mudah digunakan untuk membuat bagan. Untuk diekspor ke file Office lainnya, seperti Microsoft Excel & Word juga mudah dilakukan. Cuma permasalahannya adalah ketika bagan yang saya buat di Visio sudah tertempel di sebuah file Excel atau Word, gambar bagan itu tidak bisa diedit.


Padahal kalau file Word saya copy kan ke file Excel, saya masih bisa mengedit tulisan yang saya paste kan di Excel, dengan cara mengklik 2 dua kali tulisan itu. Pesan yang muncul ketika saya mngklik 2 kali bagan yang saya buat dengan Visio itu adalah diperlukan aplikasi server untuk mengedit bagan itu. Nah inilah yang menarik perhatian saya, bahwa ternyata Visio juga memanfaatkan server. Karena selama ini yang saya tahu: aplikasi Microsoft Word yang menggunakan server hanyalah Access, mungkin juga sedikit dimanfaatkan oleh Excel.


Memang pas browsing mencari ilmu mengenai Visio, saya menemukan artikel yang berbicara tentang server untuk Visio. Namun saya belum faham, sebenarnya seperti apakah server yang dimanfaatkan oleh visio ini. Saya juga melihat bahwa Visio memiliki kemampuan untuk database. Ini yang perlu dipelajari lebih lanjut.


Membahas tentang software GIMP, saya berhasil menggunakan software GIMP untuk membuat background di Twitter. Setelah mengikuti tutorial dari sebuah situs web, akhirnya berhasil juga. Ternyata yang terpenting dalam pembuatan gambar background Twitter ini adalah ukuran dari gambar background itu, kemudian ukuran dari gambar sidebar yang kita buat di atas background itu.  Karena ukuran background yang berbeda akan diposisikan secara berbeda oleh Twitter di halaman Twitter milik kita.



Ada yang gambarnya tidak menutupi seluruh area halaman Twitter kita, ada yang lebih condong ke kiri, ada yang lebih condong ke kanan. Untuk gambar sidebar juga demikian, kalau kita meletakkannya terlalu ke tengah, bisa jadi gambar sidebarnya tertutup oleh bagian yang berisi tulisan Tweet kita & teman-teman kita. Atau kalau ukuran sidebarnya terlalu panjang ke bawah juga akan kelihatan terpotong dihalaman Twitter kita. Jadi peletakan sidebar ini jangan juga terlalu condong ke bawah, bahkan menurut saya perlu lebih cenderung ke arah atas/top halaman Twitter kita.



Menurut saya gambar yang kita buat untuk Twitter ini akan dibuat seolah olah mengalami zoom oleh Twitter. Jadi untuk gambar yang ingin kita letakan disisi kiri maupun kanan halaman Twitter kita, sebaiknya dibuat cukup kecil saja. Nanti gambar yang berukuran kecil ini, akan menjadi besar setelah di upload ke Twitter.


Untuk mendownload video dari Youtube & Metacafe, saat ini saya menggunakan situs Keepdiv & Javimoya. Untuk Keepdiv yang pada saat dahulu sempat mengalami gangguan tidak dapat mendownload video dari Youtube, namun sekarang sudah berjalan dengan baik lagi. Cuma untuk Keepdiv, kemarin saya mencoba mendownload sebuah video dari Jepang di Youtube, dan video itu tidak bisa di download, muncul pesan error di halaman keepdiv. Menurut saya ada settingan oleh user yang mengupload video ini atau oleh youtube yang membuat video ini tidak bisa didownload.



Saya juga sudah beberapa kali mengontak Twitter milik acara e-lifestyle di metroTV. Tweet saya sudah beberapa kali dibalas oleh e-lifestyle. E-lifestyle membalas tweet yang saya kirimkan kepadanya, seminggu sekali. Tapi cukup bagus respon media ini, dari yang selama ini saya alamai. Dia masih sempat membalas tweet dari para penontonnya. Menurut saya ini merupakan cara yang baik untuk berkomunikasi dengan media-media besar.


Kan kalau kita menelpon ke e-lifestyle pada saat acaranya sedang berlangsung, seringkali sulit untuk bisa masuk berbicara langsung di acara itu, karena mungkin banyak orang yg menelpon juga ke acara itu. Maka lewat media internet inilah kita bisa mudah berkomunikasi dengan mereka. Para penonton bisa mengusulkan topik-topik yang menarik bagi mereka ke acara di televisi.
Blogged with the Flock Browser

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan mengisikan komentar apa aja, bebas aja, disini tempatnya ngomong bebas