Minggu, 04 Oktober 2009

Flock, Cinta, Hi5, Friendster

Kemarin udah nyobain daftar di Hi5 . kesan pertama menggunakannya agak bingung pas mau cari teman berdasarkan namanya. Tapi pas nyari nama seorang teman, eh malah ketemu sebuah fitur baru yg belum pernah ditemukan di situs social networking lainnya. Di fiturnya itu ada tulisan “My Life” kalau nggak salah. Pokoknya warna web nya putih & hijau. Anehnya nama teman yg dicari itu nggak ada di Hi5 tapi malah dikasih info kalau dia bergabung di Twitter. Fotonya di Hi5 juga sama dengan fotonya yg di Twitter.


Akhirnya bisa juga add beberapa orang di Hi5, belum lagi mencoba fitur-fitur lainnya. Kalau konektivitasnya dengan update status melalui ping.fm sudah terbukti berhasil. Terus pas jalan-jalan ke Friendster ketemu fitur baru, namanya Live Streaming. Ini fiturnya kayak daftar update status di Facebook. Mungkin ini FS juga lagi nyoba ngikutin Twitter.


Terus di Friendster juga ketemu fitur buat mengcustomize alamat url profil kita. Kalau dulu kan alamat url nya bagian belakangnya adalah angka-angka. Tapi sekarang angka-angka itu bisa kita ganti dengan kalimat terserah maunya kita. Jadinya ini juga meniru alamat URL profil yg ada di Facebook.


Di Myspace.com kemarin juga di tawarin bikin URL profil yg customize, uniknya di Myspace kita juga ditawarin bikin alamat e-mail di myspace, yang awalannya sama dengan kalimat terakhir dari url profil yg telah kita customize itu. Belum nyoba nih apa e-mail ini juga bisa mengirim & menerima e-mail dari Yahoo Mail, Gmail, Hotmail.Terus di Twitter ketemu tweet teman soal Flock. Awalnya belum tahu apa itu Flock. Jadi coba-coba cari infonya di Google. Ternyata itu browser buatan Mozilla, yg segment nya khusus buat orang-orang yg suka menjelajah dunia social networking. Katanya sih untuk memudahkan kita mengelola account-account social networking kita.


Sementara sih untuk Flock ini, kayaknya perlu wait & see dulu. Soalnya sekarang ini banyak aplikasi entah itu web base atau dekstop yg mengurusin social networking. Belum kelihatan siapa yang jadi juaranya. Lebih baik memilih “Keep It Simple And Stupid” aja dulu. Lagipula juga nanti kemungkinan dunia social networking akan ada pasang surutnya.Cuma sekarang memang lagi eforianya dunia social networking. Semua orang ngomongin social networking di internet.Sampai-sampai Hermawan Kartajaya aja ikutan membahas soal ini di rubriknya di situs Kompas. Katanya sih social networking ini berpengaruh dalam bidang pemasaran di perusahaan-perusahaan.


Terus kalau urusan Cinta di situs-situs social networking, kayaknya juga aku menemukan fenomena menarik . Ternyata rasa cemburu, marah sama pacar juga bisa dibangun lewat situs social networking. Yang aku lihat ini sih terjadinya pada cewek-cewek yg jadi penghuni dunia social networking. Mungkin ya itu karena sifat memiliki cewek terhadap kekasihnya yg besar & suka menganggap cewek lain yg dekat-dekat sama pacarnya sebagai saingannya atau ancaman baginya.


Kalau dulu kan sifat cemburu, curiga itu muncul didunia nyata. Seperti misalnya karena cerita temannya yg ada melihat pacarnya jalan, atau mengerjakan apa gitu sama cewek lain, terus pas ketemuan teman si cewek  itu bercerita. Jadi deh awal ribut-ributnya. Terus muncul tuh telepon, radio CB, terus hp. Nah jadi dari jarak jauh aja udah bisa tuh memupuk rasa cemburu. Yang unik & sempat booming di era HP adalah kasus SMS. Mulai deh intip-intip SMS pacar.


Nah di era social networking ini ada lagi hal menarik yg baru: misalnya aja tiba-tiba account si cewek terhapus dari account pacarnya, bisa jadi ribut atau curigaan tuh. Terus misalnya si cowok kelihatan statusnya lagi online, terus si cewek memanggil-manggil dia, tapi nggak di jawab, nah bisa juga tuh timbul curigaan, & ujung-ujungnya minta penjelasan.Tapi herannya aku juga ketemu cewek yg cuek, nggak mau tau apa yg terjadi, malahan kalau kita yg kasih perhatian ke dia sikapnya cuek aja. Kayaknya nih cewek nggak cemburuan ya. Aman tuh buah cowok yg jadi kekasihnya, kalau si cowok gaul habis gitu.


Emang cewek-cewek yg menjalin hubungan cinta, sharing kehidupan di dunia maya itu nggak tau apa kalau account seseorang itu bisa dibajak oleh orang lain, terus dipakai untuk merusak kehidupan orang yg punya account itu. Jadi ya ini seperti memanipulasi gitu. Bisa juga karena terjadinya kesalahan sistem komputer, yg menyebabkan timbulnya hal-hal yg tidak menyenangkan.


Social networking juga bisa dipakai untuk menyebarkan fitnah, kebohongan, rekayasa sosial, jadi berhati-hatilah. Contohnya aja di luar negeri kan udah banyak tuh terjadi kasus-kasus yg tidak menyenangkan gara-gara social networking di dunia maya.Kalau cewek di jaman sekarang ini radarnya udah mengglobal. Jadinya dia bisa melacak siapa aja, dimana aja dengan menggunakan internet. Foto, video orang-orang yg disayanginya bisa di upload lewat internet. Makanya hati-hati tuh para cowok, semakin sulit usaha anda untuk menjaga jalinan cinta dengan sang kekasih di era web 2.0 ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan mengisikan komentar apa aja, bebas aja, disini tempatnya ngomong bebas