Sabtu, 04 Juli 2009

Ulasan Mozilla Firefox 3.5 Dan Chatzilla

Kemarin aku udah download software browser Mozilla Firefox versi 3.5. Sempat nungguin juga kemunculan browser ini. Apalagi ingin nyobain fitur private browsing. Setelah di coba ternyata kecepatan membuka halaman-halaman web nya memang lebih cepat dibandingkan versi 3 sebelumnya. Pada saat software ini didownload dari situs resmi Mozilla, menggunakan browser Mozilla Firefox 3.xx dan jaringan Telkom Speedy, kecepatan transfer data untuk proses download terbilang cukup cepat. Tidak perlu waktu lama untuk mendownload seluruh file instalasi.


Setelah dilakukan proses instalasi, untuk add-on antivirus AVG free versi 8.5, yaitu Safe Search dapat terinstal/terintegrasi dengan baik tanpa tanda peringatan saat proses instalasi berlangsung. Ini berbeda dengan beberapa versi update Mozilla Firefox sebelumnya yg menampilkan tanda peringatan, bahwa perlu mencari kompatibilitas dahulu. Namun add-on Safe Search antivirus AVG free versi 8.5 secara otomatis di nonaktifkan pada Mozilla Firefox versi 3.5 ini. Dengan disertai tulisan bahwa: penonaktifan ini demi keamanan pengguna. Sepertinya user tetap bisa mengaktifkan add-on ini secara manual bila menghendakinya.



Saya mendownload Mozilla Firefox yang menggunakan GUI berbahasa Indonesia. Pada Firefox versi ini saya juga mencoba menginstal add-on Chatzilla, ternyata sudah tersedia versi Chatzilla yang kompatibel dengan Firefox ver.3.5. Pada saat Chatzilla digunakan bersamaan dengan Firefox ketika melakukan browsing, keduanya dapat berjalan dengan cukup lancar pada komputer berspesifikasi rendah. Cukup mengasyikan bisa chatting bersamaan dengan browsing.


Cara terhubung ke server IRC dapat dilakukan dengan mengetikan perintah /server . Di Chatzilla kita bisa terhubung ke lebih dari 1 server IRC pada saat bersamaan, dan terhubung ke beberapa room di server yang berbeda-beda pada saat yang bersamaan. Ini daftar server selain dalnet yang menjadi tempat ngobrol orang-orang berbahasa indonesia di IRC beserta perintah untuk terkoneksi ke server itu melalui Chatzilla:


/server irc.allnetwork.org


/server irc.allindo.net


/server irc.indoirc.net


/server irc.plasa.com


/server irc.centrin.net



Jadi kalau anda dibanned dengan proses allkill di dalnet, anda tetap bisa berpartisipasi di IRC melalui server-server yang saya sebutkan di atas. Jangan hanya terpaku pada dalnet dan room-room nya. Cobalah mencari server-server lokal lainnya, dimana kita bisa chatting. Malahan di room-room di server di atas , pada saat saya chatting menggunakan Chatzilla, saya merasakan sangat sedikit bahkan tidak ada gangguan dari program-program boot berisi iklan seksualitas yang biasanya muncul secara otomatis dengan menyamar sebagai peserta chatting.



Browser Mozilla Firefox 3.5 juga terasa lebih cepat saat digunakan untuk beraktifitas di situs facebook. Fitur pemutar video nya yang bisa memainkan video langsung di halaman web tanpa perlu plugin tambahan agaknya sangat cocok digunakan saat kita menjelajah halaman pencarian video di situs bing.com milik Microsoft.


Pengalaman yang saya dapat dari menggunakan kedua software itu adalah software open source yang gratis juga dapat diandalkan untuk beraktifitas di dunia maya, saya menginstal software open source di operating system Windows. Jadi untuk apa kita menggunakan software bajakan untuk Windows kita??? Bagi saya nggak perlu mengcrack software mIRC untuk bisa chatting. Cobalah juga menggunakan software Pidgin untuk chatting. Pidgin terasa ringan saat digunakan
pada komputer berspesifikasi rendah.


Sudahkah anda menggunakan Mozilla Firefox 3.5 & Chatzilla nya??? Bagaimana pendapat anda tentang kedua software itu???? Tuliskanlah pendapat & pengalaman anda di bagian komentar blog ini.

1 komentar:

  1. Gan, gimana caranya buka new tab di mozila yg baru ini, soalnya waktu q buka malah yang keluar home -_- please help thaks

    BalasHapus

silahkan mengisikan komentar apa aja, bebas aja, disini tempatnya ngomong bebas