Sabtu, 20 Juni 2009

Cara Menyebarluaskan Blog

Saya masih terus belajar cara untuk mempopulerkan blog ini di internet. Sehingga semakin banyak orang yang membaca artikel di blog Ngomong Bebas & semakin mudah untuk menemukan blog ini. Kemarin saya menemukan sebuah layanan menarik dari Yahoo yang bernama Yahoo Buzz. Dari kata Buzz terkesan bahwa layanan ini ada unsur gosip nya, ya mungkin tempat untuk membicarakan berbagai hal.


Dikatakan di situs internet yang saya baca, bahwa Yahoo Buzz juga bisa dimanfaatkan untuk mempopulerkan sebuah blog. jadi saya coba aja untuk submit alamat url halaman-halaman blog saya disana. Dari cara submitnya, saya merasakan bahwa layanan Yahoo Buzz ini lebih mudah daripada situs Digg.com . Karena yang paling penting cuma copy paste alamat url halaman-halaman blog kita aja. Terus nggak harus tulis deskripsi link nya.



Tata tampilannya juga enak dipahami mirip situs gaul nya Facebook atau Windows Live. Jadi catatan aktivitas kita di situs Yahoo Buzz terekam, semacam di bagian beranda atau profil kalau kita di Facebook. Catatan aktivitas ini juga bisa di setting agar bersifat public, sehingga semua orang bisa lihat aktivitas kita. Ada juga tempat untuk menuliskan status kita kayak di Fcebook, maksudnya kita lagi ngapain gitu, bisa di tulis di Yahoo Buzz.



Ada juga fitur untuk add teman. kita bisa undang teman menggunakan daftar kontak kita di Yahoo Mail. situs lain yang saya coba adalah lintasberita.com . Ini situsnya mirip Digg.com tapi berbahasa Indonesia. Terus nyobain situs MyBlogLog.com , ternyata situs ini dikelola oleh Yahoo. Yang hebat dari MyBlogLog adalah kita bisa menambahkan berbagai situs pertemanan & blog yang kita ikuti ke halaman profilnya.



Situs Yahoo Site Explorer juga sudah saya coba. Alamat url blog ini sudah didaftarkan ke Yahoo Site Explorer. Kayaknya Yahoo Site Explorer mirip dengan Google Analytics, cuma tampilannya lebih sederhana. Saya mau coba daftarkan blog ini ke Google Webmaster Tool. Terus mau cobain Microsoft Webmaster Portal & Bing Webmaster Center. Soalnya kan sekarang search engine Bing, punya Microsoft lagi naik daun, apalagi kemarin blog ini sempat dikunjungi pengunjung yang berasal dari search engine Bing. Jadinya saya ingin lebih memperkuat eksistensi blog Ngomong Bebas dijaringan layanan web milik Microsoft.


Juga akan mencoba situs-situs lain seperti : google addurl, yahoo addurl, altavista addurl, lycos, alltheweb, blogcatalog, inktomi.com, AOL Search, Hotbot, Overture.com, FreeWebSubmission.com, DMOZ, plugim.com .


Kemarin dapat juga artikel dari Onno W. Purbo, saya download di situs ilmukomputer.org . Katanya untuk membangun komunitas di dunia maya perlu belajar tentang:
  1. information warfare
  2. psychological warfare
  3. psikologi massa


Komunitas yang saya bangun akan sangat berguna untuk kemajuan blog Ngomong Bebas.

1 komentar:

  1. biasanya blog tidak di temukan ketika pencarian di google..
    kalo anda d temukan
    anda sedang menggunakan blog apah inih.?

    BalasHapus

silahkan mengisikan komentar apa aja, bebas aja, disini tempatnya ngomong bebas