Minggu, 14 Juni 2009

Akankah HTC dan Apple Merasa Risih Berjualan Di Indonesia Sebagaimana RIM?

Tulisan kali ini merupakan pendapat saya mengenai beberapa artikel yang di muat di situs Detikinet. di beberapa artikel yang ditulis di situs detikinet, dikatakan bahwa RIM sempat merasa risih oleh maraknya penjualan Blackberry blackmarket di Indonesia. Telkomsel akan menjual Iphone 3Gs dan juga produk HTC yang menggunakan sistem operasi Google Android. Iphone 3Gs dan produk HTC itu dijual melalui program bundling dengan Telkomsel.



Seperti yang sudah kita amati sebelumnya, bahwa zaman sekarang ini produk-produk terkemuka yang dijual dengan cara bundling bersama dengan operator biasanya harganya mahal sekali. Hal ini akan memicu maraknya pasaran produk serupa di blackmarket. pasaran produk serupa di blackmarket ini mampu mempengaruhi market share dari produk resmi yang di jual melalui operator. hal ini terbukti dengan merasa risihnya perusahaan RIM, produsen handset Blackberry, sampai-sampai mereka mengirim utusan ke Indonesia untuk mengadakan pembicaraan dengan pemerintah mengenai pemasaran Blackberry blackmarket di Indonesia.



Hal serupa telah sering dilakukan oleh Microsoft, terhadap produk-produk bajakan dari produk yang diproduksi secara resmi oleh Microsoft. sampai-sampai dibentuknya BSA, untuk melakukan razia produk bajakan di Indonesia. Akankah RIM, Apple, HTC, dan produsen ponsel berharga mahal lainnya bersatu membentuk organisasi semacam BSA, untuk melakukan razia di pasaran ponsel Indonesia, dan melakukan kegiatan pemblokiran di jaringan-jaringan operator Indonesia terhadap produk-produk mereka yang di jual melalui jalur blackmarket Indonesia???



Sebaiknya RIM, Apple, HTC juga mendirikan pabrik produksi ponsel mereka di Indonesia. Terutama untuk memproduksi type-type yang amat digemari di dalam negeri dan kawasan Asia Tenggara. sehingga dapat meningkatkan penyerapan tenaga kerja & bisa terjadi alih teknologi dari negara maju ke negara berkembang. sehingga indonesia dapat menjadi salah satu produsen terbesar produk-produk IT di dunia. hal ini tentu akan meningkatkan pendapatan ekonomi Indonesia. Produk-produk RIM, Apple, HTC yang bercitarasa lokal pun bukan tidak mungkin akan muncul melalui program ini.



Sebaiknya RIM, Apple, HTC juga menjual produk resmi mereka secara bebas ke pasaran, terutama untuk produk bercitarasa lokal atau produk yang nanti akan diproduksi di dalam negeri. kalau untuk produk yang memang di impor dari luar negeri, boleh lah dijual melalui operator dengan menggunakan lisensi eksklusif. Jadi sangat disarankan agar RIM, Apple, HTC membentuk jajaran produk yang akan menjadi killer product untuk menyaingi produk mereka yang di jual melalui BM.


Untuk killer product ini biarkanlah kekuatan pasar yang akan menentukan harganya. dan usahakan membuat killer product yang spesifikasinya berbeda di tiap negara & hanya boleh dijual di negara itu. seperti contohnya produk Indomie yang telah menciptakan berbagai rasa mie untuk masing-masing daerah yang berbeda di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan mengisikan komentar apa aja, bebas aja, disini tempatnya ngomong bebas