Sabtu, 23 Mei 2009

Internet Masuk Desa

kemarin di situs detikinet, ada baca-baca berita tentang telepon yang bakalan tersedia di desa-desa. katanya program pengadaan jaringan telepon ini dikenal dengan istilah USO. terus katanya ada warga yang mau dipasangkan internet juga di desa. katanya sih pemerintah setuju buat pasang jaringan internet di desa setelah jaringan teleponnya terpasang. apa memang dalam waktu dekat bisa terlaksana ya pemasangan internet itu???


alat elektronik semacam komputer, dan jaringan internet kan membutuhkan listrik untuk menghidupkannya. sementara aliran listrik di daerah luar pulau jawa seringkali tidak kontinyu. sering mati hidup. katanya karena PLN kurang mampu mengimbangi kebutuhan listrik masyarakat. jadi kalau listrik nya nggak kontinyu bagaimana mau menghidupkan peralatan komputer & jaringan internet ??? bisa-bisa nanti peralatan komputer itu rusak karena sering mati hidup.


di daerah kalimantan, pernah juga saya baca disebuah koran lokal yang mengatakan bahwa ada program pengadaan laptop murah untuk para guru yang mengajar di desa-desa. namun salah satu pejabat di sana berkata bahwa para guru akan kesulitan memanfaatkan laptop tersebut karena tidak tersedianya aliran listrik di desa mereka. bagaimana coba mau mengisi baterai laptop kalau tidak ada aliran listrik di sekolah atau di rumah para guru.


katanya jaringan telepon yang diperuntukan bagi desa-desa menggunakan VSAT dari telkomsel. apakah nanti setelah banyak desa yang memiliki VSAT jaringannya tidak akan jadi padat seperti yang terjadi pada para pengguna jaringan selular??? kalau melihat berita di detikinet kemarin kemungkinan jaringan komunikasi lewat satelit ini akan digunakan untuk menghantarkan data dan suara.


terus bagaimana nanti pembagian perangkat teleponnya ke warga desa??? apakah setiap rumah akan memiliki satu pesawat telepon??? terus apakah jaringan yang menghubungkan masing-masing pesawat telepon itu dengan VSAT akan menggunakan kabel atau teknologi wireless???


nah kalau berbicara soal internet yang masuk desa. bagaimana nanti pembagian komputer yang akan digunakan untuk mengakses internet ke warga desa??? apakah akan ada program 1 komputer untuk 1 rumah??? soal harga peralatan, apakah harganya akan cukup terjangkau oleh masyarakat desa??? bagaimana dengan service center nya??? kayaknya bakalan ada proyek lagi nih buat Microsoft dan Intel. kayaknya nanti razia software bajakan juga harus masuk sampai ke pedesaan yang terpencil.


nah pada akhirnya akan digunakan untuk apakah jaringan telepon dan internet ini oleh warga desa???

1 komentar:

  1. Thanks Steven atas koment-nya.. mgkin bener mengenai kita jarang update blog sangat berengaruh terhadap page rank, masalahnya blog-ku itu update 2x seminggu... ya sudahlah gpp, google lbh tau mslh ini...

    Btw, aku setuju I-net masuk desa, tp harus bnr2 ditanggapi secara serius. Sarana aja ga cukup, hrs ada pembimbing dan sarana endukung lainnya... Keep blogging ya..

    BalasHapus

silahkan mengisikan komentar apa aja, bebas aja, disini tempatnya ngomong bebas