Rabu, 20 Mei 2009

Akankah Android Meniru Eksklusivitas Iphone Dan Blackberry???

detikinet mengeluarkan berita bahwa HTC akan menjual smartphone bersistem operasi Android di Indonesia. katanya HTC akan mengunci pula smartphone ini, sehingga hanya bisa digunakan pada operator tertentu. nah kalau udah urusan kunci mengunci, biasanya konsumen indonesia akan melirik android dari blackmarket yang sudah unlock.


apalagi prediksi harga yang ditampilkan di detikinet tetap mahal. maka blackmarket akan berusaha menjualnya dibawah harga itu.HTC, produsen dari Taiwan ini sepertinya ingin meniru RIM dan Apple. padahal dia dari Taiwan, masyarakat indonesia biasanya mengidentikan produk dari Cina dan kawan-kawannya dengan harga murah dan produk masa (maksudnya barangnya nggak eksklusif, bisa dibeli oleh banyak kalangan). Tapi sepertinya HTC ingin mengubah anggapan itu.


HTC mungkin ingin memberi kesan bahwa nggak semua produk cina itu produk pasaran, ada juga lho yang eksklusif untuk kalangan kelas atas. kayaknya HTC ingin menaikan gengsi produknya di Indonesia. mengingat HTC kan termasuk pendatang baru di pasar smartphone indonesia, produknya belum banyak di kenal seperti merek Nokia, Sony Ericsson, samsung. jadi mungkin HTC tau bahwa kalau smartphone nya di locked maka akan jadi pusat perhatian masyarakat Indonesia. Bakalan bikin heboh lagi seperti waktu peluncuran Blackberry & Iphone.


kalau udah jadi kehebohan tentu aja merek HTC akan dikenang oleh masyarakat. kalau dilihat dari harganya yang tidak murah, sepertinya Android yang dipasarkan oleh HTC ini akan juga merubah pandangan kalangan open source di indonesia. karena android ini kan buatan Google, biasanya kan android ini diberi label open source. Nah kalangan open source di indonesia kan biasanya mengidentikan produk open source sebagai produk yang murah dan handal, makanya mereka sering mempertarungkan produk open source dengan produk microsoft yang terkenal proprietary dan berharga mahal.


kalau ada produk open source yang harganya mahal dan di lock seperti ini, bagaimana tanggapan kalangan open source di indonesia yang biasanya menggembargemborkan bahwa produk open source identik dengan harga murah dan kebebasan??? kalau di lock berarti kan nggak bebas, jadinya kayak produk proprietary??? pakai berbau lisensi gitu.


nah ini juga yang mungkin nanti bikin ramai pas peluncuran produk HTC ini. ternyata HTC pandai juga bikin heboh untuk peluncuran produknya. selamat datang di era heboh soal smartphone.

1 komentar:

  1. Sejujurnya saya katakan, blog ini infonya sangat menarik, dr I-net masuk desa smpe Blackberry segala ada... Keren-keren... Makasih ya atas kunjungan dan infonya :)

    BalasHapus

silahkan mengisikan komentar apa aja, bebas aja, disini tempatnya ngomong bebas