Sabtu, 30 Mei 2009

Bisakah Operating System Buatan Apple Dipasangkan Ke Hardware Yang Bukan Buatan Apple

menurut berita di Cnet.com telah ada sebuah perusahaan di Rusia yang mampu memproduksi komputer yang dapat dipasangi OS Macintosh dan OS yang terpasang itu dapat menerima update. Padahal kita tahu OS Macintosh hanya dapat di instalkan pada komputer buatan Apple. Nah ini berita menarik setelah berita unlock Iphone. Mungkinkah nanti OS Macintosh akan dapat diinstalkan di komputer buatan vendor mana saja??? dan apakah OS untuk iphone nanti akan bisa diinstal di smartphone atau PDA buatan vendor-vendor lain, seperti OS Symbian, Android dan Windows Mobile???


ternyata kegiatan Cracking software dan pelanggaran hak cipta tidak hanya terjadi di di indonesia, namun juga di luar negeri. Apakah BSA sudah siap dengan cracking terhadap software buatan Apple ini??? sepertinya nanti BSA tidak akan hanya sering melakukan razia untuk software buatan Microsoft, namun juga software buatan Apple.

Gosip Peluncuran Iphone Generasi Ke Tiga

Menurut berita di situs Cnet.com ada isu bahwa Iphone generasi ketiga akan diluncurkan pada tanggal 17 July 2009. namun dari gosip yang saya baca di Cnet.com . Sepertinya Iphone terbaru ini juga cuma menempelkan fitur-fitur yang juga telah disediakan oleh vendor-vendor smartphone atau PDA lainnya. Jadi apakah Iphone generasi ke tiga ini hanya akan jadi peniru ataukah dia benar-benar bisa membawa inovasi terbaru yang tidak dihasilkan oleh vendor-vendor lainnya???


karena kalau iphone generasi ke tiga ini hanya akan membawa fitur yang sudah diproduksi oleh vendor lain, dan vendor lain menjual produknya di bawah harga iphone, sementara kita tahu bahwa Apple suka menjual produknya dengan harga tinggi, maka bisa saja para pembeli tergoda untuk membeli produk produksi vendor selain Apple.Seperti yang sudah terlihat pada peluncuran Iphone oleh Telkomsel beberapa waktu lalu, contohnya saja dari grup diskusi yang ada di detikinet, banyak yang mencemoohkan iphone yang dijual telkomsel karena fitur-fitur yang dimilikinya juga ada di produk vendor lain. Jadi mereka berpendapat untuk apa beli iphone yang lebih mahal, kalau bisa beli fitur-fitur yang sama dari vendor lain dengan harga yang lebih murah???


ada pula isu bahwa Apple akan memproduksi Iphone 4G. Dikabarkan di berita di situs Cnet.com, bahwa operator Verizon akan menjadi salah satu operator didunia yang akan menyediakan layanan bagi Iphone 4G. Nah bagaimana dengan operator di indonesia??? bagaimana kesiapan operator di indonesia dalam menyediakan jaringan 4G untuk produksi iphone selanjutnya??? karena kalau jaringan tidak siap lebih dulu bisa jadi nanti operator di indonesia tidak dapat meluncurkan iphone generasi terbaru tepat waktu sebagaimana operator lain didunia meluncurkan iphone ke pasaran.


Semakin lambat operator di indonesia meluncurkan Iphone generasi terbaru dibandingkan operator lain di dunia, maka akan sulit harga iphone yang dijual di indonesia bisa dipatok dengan harga tinggi, kecintaan konsumen terhadap Iphone generasi terbaru itu pun akan berkurang karena menurut mereka produknya sudah cukup basi, tentu saja Iphone blackmarket akan lebih duluan membanjiri pasaran karena memang produk Iphone itu sudah dijual di luar negeri.


Sementara produsen produk keamanan Symantec dan McAfee dikabarkan akan mengeluarkan produk untuk iphone. Nah yang menarik disini, kalau iphone bisa di unlock, PIN blackberry bisa di cloning, dan juga telah kita ketahui bahwa kalangan pengguna antivirus bajakan di Indonesia juga telah bisa mengupdate antivirus bajakannya dengan update terbaru dari vendor. Maka akankah juga keluar produk antivirus bajakan untuk Iphone yang juga bisa diupdate terus???


produk keamanan untuk Iphone seharusnya juga bisa menjadi peluang usaha bagi para produsen antivirus Indonesia seperti PC Media Antivirus, ANSAV, dll untuk memproduksi antivirus yang memang diperuntukan bagi Iphone. Bukankah di PC sudah ada virus buatan lokal yang tidak dapat dimusnahkan oleh produk antivirus luar negeri, namun bisa dimusnahkan oleh produk antivirus produksi Indonesia.


Bukankah tidak mungkin nanti akan muncul virus lokal untuk iphone???

Software Iphone Eucalyptus, Fake Watch, Fake Watch Gold

Apple sempat menarik peredaran aplikasi Eucalyptus dari toko virtual Apple application store, yang dapat mendownload e-book Kama Sutra dari Internet. Sepertinya bukan hanya pihak-pihak di indonesia saja yang mencoba mensensor
beberapa konten Internet atau mengeluarkan protes terhadap beberapa isi internet. Namun kalangan di wilayah amerika, seperti perusahaan Apple, mencoba menolak beberapa konten internet.


Namun akhirnya software Eucalyptus ini kembali di perbolehkan beredar di internet. Cartier pun mengeluarkan kritik terhadap dua buah software yang diperuntukan bagi Iphone dan Ipod. Kedua software itu adalah Fake Watch & Fake Watch Gold. Sepertinya tampilan kedua aplikasi ini meniru bentuk jam tangan yang diproduksi oleh Cartier.


Ternyata masalah pembajakan ini tidak hanya mencakup pembajakan/peniruan yang dalam bentuk benda fisik, namun juga hingga mencakup pembajakan/peniruan yang dalam bentuk benda virtual. Mungkinkah nanti di Indonesia akan diadakan razia benda-benda virtual di Internet yang meniru benda-benda yang merupakan merek terkenal???


Selama ini kan di dunia komputer indonesia, kita paling sering mendengar razia software bajakan produk Microsoft dan perusahaan-perusahaan software yang tergabung dalam BSA. Namun belum ada razia benda-benda virtual yang meniru benda-benda produksi merek terkenal.

Senin, 25 Mei 2009

FeedBurner, Mengikuti Update Blog

hari ini saya telah memasang fitur RSS feedburner di blog ini. kegunaan dari RSS ini adalah agar pembaca bisa mengetahui peluncuran artikel-artikel terbaru yang saya posting di blog ini. jadi apabila para pembaca menggunakan fitur ini, maka para pembaca akan menerima pemberitahuan mengenai artikel terbaru yang telah hadir di blog ini. pemberitahuannya bisa dimunculkan di browser Mozilla Firefox dengan menggunakan fitur Live Bookmark, e-mail client Mozilla Thunderbird dengan fitur account rss blog & news, melalui situs web Google Reader, atau dengan mendaftarkan alamat e-mail anda di kotak pendaftaran belangganan rss feedburner yang telah saya sediakan di sidebar sebelah kanan halaman blog ini.


apabila anda memilih fitur e-mail. maka feedburner akan mengirimkan e-mail ke alamat e-mail anda yang berisi ulasan mengenai artikel terbaru yang telah saya posting. bisa pula dengan memanfaatkan fasilitas lainnya yang tidak saya sebutkan diatas. jadi kalau anda mau tau artikel apa saja yang baru saya posting, anda tidak perlu selalu membuka blog ini, anda bisa mengetahuinya melalui fitur rss tersebut.



jadi kalau artikelnya menarik atau anda berminat memberi komentar, baru anda mengunjungi blog ini. fitur ini sangat berguna bagi anda yang mencari topik tertentu yang berasal dari banyak situs sumber di internet, jadi anda tidak perlu mengunjungi semua situs, anda hanya perlu membaca ringkasannya melalui rss, dan menentukan informasi mana yang berguna bagi anda. ini akan menghemat waktu anda.


silahkan dicoba, terimakasih.

Twitter Dan Plurk Untuk Mendongkrak Popularitas Blog

saya sering baca beberapa artikel di internet mengenai penggunaan situs microbloging Twitter dan Plurk untuk mempopulerkan sebuah blog. pertama kali melihat tampilan Plurk dan Twitter saya memang agak kurang optimis terhadap kedua situs ini, tapi katanya kedua situs ini bisa buat tempat mempopulerkan blog kita. maka saya pun mencoba mendaftar di Plurk, sementara untuk Twitter, saya tidak perlu mendaftar lagi, hanya perlu merestore account milik saya yang dulu pernah saya hapus.


awalnya tertarik juga ikut Plurk karena teman-teman di facebook sudah ada yang mengikuti Plurk. saya melakukan pendaftaran di Plurk menggunakan handphone. proses pendaftarannya cukup sederhana dan lancar. kemudian untuk verifikasi di account e-mail. saya menggunakan laptop. sebelum diverifikasi pun account Plurk sudah dapat digunakan dan kita dapat memposting tulisan kita.


untuk kecepatan upload halaman di handphone nokia 6600 dengan menggunakan browser opera mini, Plurk dan Twitter memang lebih cepat diupload ketimbang facebook. Plurk dan Twitter saya gunakan untuk menyampaikan pesan singkat, bisa tentang perkembangan blog ini sampai saat sekarang, hal-hal menarik yang saya temui yang berguna sebagai sumbangan pemikiran untuk lebih mengembangkan blog ini. bisa pula posting tentang topik-topik yang akan saya tulis di blog ini.


account saya di Plurk dan Twitter, saya setting berstatus publik, hal ini agar pesan yang saya kirimkan bisa dibaca oleh orang dari berbagai penjuru dunia dan dapat terindex oleh search engine. saya menyisipkan link-link ke blog ini dalam posting yang saya kirimkan ke Plurk dan Twitter. sehingga orang dapat dengan mudah sampai ke blog ini.


bagaimana anda memanfaatkan Plurk dan Twitter??? untuk tujuan apa saja anda menggunakannya??? ceritakanlah pengalaman anda dalam menggunakan kedua situs itu. tuliskanlah dibagian komentar artikel ini.

Sabtu, 23 Mei 2009

Internet Masuk Desa

kemarin di situs detikinet, ada baca-baca berita tentang telepon yang bakalan tersedia di desa-desa. katanya program pengadaan jaringan telepon ini dikenal dengan istilah USO. terus katanya ada warga yang mau dipasangkan internet juga di desa. katanya sih pemerintah setuju buat pasang jaringan internet di desa setelah jaringan teleponnya terpasang. apa memang dalam waktu dekat bisa terlaksana ya pemasangan internet itu???


alat elektronik semacam komputer, dan jaringan internet kan membutuhkan listrik untuk menghidupkannya. sementara aliran listrik di daerah luar pulau jawa seringkali tidak kontinyu. sering mati hidup. katanya karena PLN kurang mampu mengimbangi kebutuhan listrik masyarakat. jadi kalau listrik nya nggak kontinyu bagaimana mau menghidupkan peralatan komputer & jaringan internet ??? bisa-bisa nanti peralatan komputer itu rusak karena sering mati hidup.


di daerah kalimantan, pernah juga saya baca disebuah koran lokal yang mengatakan bahwa ada program pengadaan laptop murah untuk para guru yang mengajar di desa-desa. namun salah satu pejabat di sana berkata bahwa para guru akan kesulitan memanfaatkan laptop tersebut karena tidak tersedianya aliran listrik di desa mereka. bagaimana coba mau mengisi baterai laptop kalau tidak ada aliran listrik di sekolah atau di rumah para guru.


katanya jaringan telepon yang diperuntukan bagi desa-desa menggunakan VSAT dari telkomsel. apakah nanti setelah banyak desa yang memiliki VSAT jaringannya tidak akan jadi padat seperti yang terjadi pada para pengguna jaringan selular??? kalau melihat berita di detikinet kemarin kemungkinan jaringan komunikasi lewat satelit ini akan digunakan untuk menghantarkan data dan suara.


terus bagaimana nanti pembagian perangkat teleponnya ke warga desa??? apakah setiap rumah akan memiliki satu pesawat telepon??? terus apakah jaringan yang menghubungkan masing-masing pesawat telepon itu dengan VSAT akan menggunakan kabel atau teknologi wireless???


nah kalau berbicara soal internet yang masuk desa. bagaimana nanti pembagian komputer yang akan digunakan untuk mengakses internet ke warga desa??? apakah akan ada program 1 komputer untuk 1 rumah??? soal harga peralatan, apakah harganya akan cukup terjangkau oleh masyarakat desa??? bagaimana dengan service center nya??? kayaknya bakalan ada proyek lagi nih buat Microsoft dan Intel. kayaknya nanti razia software bajakan juga harus masuk sampai ke pedesaan yang terpencil.


nah pada akhirnya akan digunakan untuk apakah jaringan telepon dan internet ini oleh warga desa???

Rabu, 20 Mei 2009

Akankah Android Meniru Eksklusivitas Iphone Dan Blackberry???

detikinet mengeluarkan berita bahwa HTC akan menjual smartphone bersistem operasi Android di Indonesia. katanya HTC akan mengunci pula smartphone ini, sehingga hanya bisa digunakan pada operator tertentu. nah kalau udah urusan kunci mengunci, biasanya konsumen indonesia akan melirik android dari blackmarket yang sudah unlock.


apalagi prediksi harga yang ditampilkan di detikinet tetap mahal. maka blackmarket akan berusaha menjualnya dibawah harga itu.HTC, produsen dari Taiwan ini sepertinya ingin meniru RIM dan Apple. padahal dia dari Taiwan, masyarakat indonesia biasanya mengidentikan produk dari Cina dan kawan-kawannya dengan harga murah dan produk masa (maksudnya barangnya nggak eksklusif, bisa dibeli oleh banyak kalangan). Tapi sepertinya HTC ingin mengubah anggapan itu.


HTC mungkin ingin memberi kesan bahwa nggak semua produk cina itu produk pasaran, ada juga lho yang eksklusif untuk kalangan kelas atas. kayaknya HTC ingin menaikan gengsi produknya di Indonesia. mengingat HTC kan termasuk pendatang baru di pasar smartphone indonesia, produknya belum banyak di kenal seperti merek Nokia, Sony Ericsson, samsung. jadi mungkin HTC tau bahwa kalau smartphone nya di locked maka akan jadi pusat perhatian masyarakat Indonesia. Bakalan bikin heboh lagi seperti waktu peluncuran Blackberry & Iphone.


kalau udah jadi kehebohan tentu aja merek HTC akan dikenang oleh masyarakat. kalau dilihat dari harganya yang tidak murah, sepertinya Android yang dipasarkan oleh HTC ini akan juga merubah pandangan kalangan open source di indonesia. karena android ini kan buatan Google, biasanya kan android ini diberi label open source. Nah kalangan open source di indonesia kan biasanya mengidentikan produk open source sebagai produk yang murah dan handal, makanya mereka sering mempertarungkan produk open source dengan produk microsoft yang terkenal proprietary dan berharga mahal.


kalau ada produk open source yang harganya mahal dan di lock seperti ini, bagaimana tanggapan kalangan open source di indonesia yang biasanya menggembargemborkan bahwa produk open source identik dengan harga murah dan kebebasan??? kalau di lock berarti kan nggak bebas, jadinya kayak produk proprietary??? pakai berbau lisensi gitu.


nah ini juga yang mungkin nanti bikin ramai pas peluncuran produk HTC ini. ternyata HTC pandai juga bikin heboh untuk peluncuran produknya. selamat datang di era heboh soal smartphone.

Para Produsen Smartphone Mahal Disuruh Berinvestasi Di Indonesia

kemarin detikinet mengeluarkan berita soal RIM yang disuruh bikin support center, fasilitas produksi, dan kantor perwakilan di Indonesia. mungkin maksudnya biar layanan purna jual bisa lebih terjamin & harga blackberry bisa diturunkan. tapi kalau di berita kayaknya RIM nggak langsung mau bikin fasilitas itu. kayaknya indonesia mau blackberry jadi mass product namun RIM mengiginkan Blackberry tetap menjadi segmented product/produk eksklsif.


sehingga RIM tetap ingin blackberry di beli dengan harga mahal, hanya diperoleh ditempat tertentu, layanannya pun hanya bergantung pada operator tertentu. sehingga nggak bisa seenaknya pindah-pindah operator gara-gara perang tarif. dengan cara ini pula mungkin RIM ingin membuat agar para operator di indonesia tidak melakukan perang tarif dalam layanan Blackberry mereka. karena kalau sampai terjadi perang tarif bisa-bisa para operator menuntut kepada RIM agar tarif Blackberry Connect diturunkan. akhirnya kan RIM akan terikut-ikut kena imbasnya.


mungkin RIM telah belajar dari apa yang terjadi pada produsen seperti Nokia, Sony Ericsson, Samsung, Motorola. smartphone podusen-produsen ini bersifat unlock, bisa ganti-ganti operator semau penggunanya sendiri. tentu aja pengguna smartphone di indonesia maunya pakai operator yang kasih harga paling murah saat itu. kan sekarang semua operator layanan nya hampir sama, semua udah punya 3G-3,5G. jadi tinggal harga yang menetukan.


akibatnya operator berlomba-lomba kasih harga murah, jaringan jadi padat, konsumen kecewa karena kualitas koneksi yang kadang memburuk. akibatnya tidak semua fitur smartphone itu dapat berjalan mulus. jadinya tidak bisa merasakan kecanggihan smartphone dengan maksimal. RIM mungkin tidak ingin ini terjadi pada smartphone nya. jadi mereka membiarkan Blackberry tetap terkunci pada operator tertentu. harganya tetap dijaga tinggi agar eksklusivitasnya terjaga.

Handphone Bersegmen Eksekutif Di Beli Lewat Blackmarket

kembali lagi terinspirasi detikinet, kemarin mereka menulis berita yang mengatakan bahwa beberapa karyawan RIM sempat kaget melihat Blackberry Blackmarket di mall Ambasador, Jakarta. memang kan blackberry di indonesia secara resmi hanya di jual melalui operator-operator selular. namun bahkan sebelum tanggal-tanggal peluncuran perdana blackberry untuk pasar ritel oleh para operator di indonesia, sudah banyak yang memilikinya melalui jalur blackmarket.


hal ini terjadi pula pada Iphone buatan Apple. kegiatan-kegiatan seperti unlocked, cloning PIN, dan berbagai kegiatan untuk membuat smartphone mahal ini bisa jalan di jaringan operator indonesia & memanfaatkan semua layanannya pun di keluarkan oleh para modifikator smartphone blackmarket. aneh juga rasanya kalau para eksekutif membeli smartphone dari blackmarket. harga mahal kan memang untuk mereka para eksekutif.


harga mahal memang sengaja dipasang oleh para produsen biar tidak banyak orang yang punya. sehingga smartphone itu akan terasa eksklusifitas nya. dan eksklusifitas inilah yang didambakan para eksekutif. kalau para eksekutif membeli smartphone mahal ini dari blackmarket, berarti para eksekutif ini sendiri yang menjatuhkan nilai dari produk itu.


sangat banyak di internet berita-berita tentang smartphone blackmarket ini. memang sepertinya dunia sedang kecanduan Iphone & Blackberry. sehingga pembajakan/pembobolan terhadap kedua smartphone ini sangat ramai terjadi. harganya memang mahal tapi peminatnya banyak sekali.


ada lagi isu kalau pakai sistem kontrak dengan operator di luar negeri, maka smartphone ini bisa didapatkan dengan harga yang lebih murah. tapi di indonesia, masyarakat mengeluhkan, walau terikat dengan operator tertentu tapi harga smartphone ini tetap mahal. yang anehnya lagi para operator kok mau ya menerima smartphone blackmarket ini untuk berjalan di jaringan mereka & memakai fasilitas yang mereka berikan????



seperti kata detikinet yang bilang bahwa 80% blackberry penggunanya dari blackmarket, apa yang 80% itu menggunakan Blackberry Connect???? mereka tau itu blackmarket kenapa mereka tetap mengizinkan smartphone itu menggunakan jaringan mereka??? bukannya itu akan menurunkan omset mereka dalam berjualan smartphone berlisensi resmi??? apa bukannya itu merugikan aliansi bisnis mereka dengan para produsen resmi smarphone itu????


ada taktik dagang apa lagi ini ya????

Telkomsel, Indosat, XL Bersaing Jualan Blackberry

Kemarin saya sempat berkunjung ke situs detikinet.com . Ketemu berita tentang blackberry storm yang di jual oleh Telkomsel, Indosat, XL.Ketiga operator itu saling bersaing untuk menjadi yang paling banyak menjual Blackberry.Cukup aneh juga melihat ketiga operator itu bersaing jualan Blackberry. Bikin berita di detikinet jadi tambah panas aja.


Nggak kalah juga yang kasih komentar, ada yang mendukung Blackberry ada pula yang menjelek-jelekan Blackberry. Apa ya pentingnya Blackberry buat para operator telekomunikasi indonesia??? kenapa mereka bikin berita yang bisa berubah menjadi bola salju yang semakin membesar & mereka sebarkan di situs-situs komunitas??? Padahal harga produknya kan mahal untuk ukuran orang Indonesia.



Bahkan di koran daerah kaltim post pun masuk berita tentang peluncuran Blackberry. Kalau saya sih setelah melihat handphone buatan Samsung & Motorola yang bentuk & Fitur nya mirip dengan Blackberry, bersistem operasi Windows Mobile For Smartphone, saya merasa lebih baik membeli handphone QWERTY yang berasal dari Samsung & Motorola.


Apalagi harga handphone bekas dari kedua vendor itu jauh lebih murah daripada Blackberry, bisa mencapai 50% perbedaan harganya. Kalau menurut saya sebaiknya operator Indonesia justru lebih memilih menjual handphone QWERTY buatan Samasung & Motorola. Karena Harganya lebih murah.


Samsung & Motorola sudah memproduksi handphone QWERTY sejak tahun 2006/2007.jadi handphone model QWERTY itu sebenarnya udah lama diproduksi, jadi seharusnya harganya bisa lebih murah. Ini kali hebatnya Revitalisasi Brand handphone QWERTY yang dilakukan oleh operator Indonesia.


Barang model lama bisa didaur ulang sehingga memiliki gengsi yang mahal. Handphone model touchscreen juga sudah diproduksi oleh merek Samsung & Motorola. Sementara Blackberry baru sekarang meluncurkan Blackberry Storm secara resmi di Indonesia.



tapi operator ngotot supaya handphone touchscreen bisa laku ribuan unit dengan harga mahal. Bagaimana ya caranya mengejar target penjualan sebanyak itu???? Ayo para pembaca blog ini berikan komentarmu. Kasih tau teknik pemasaran yang bisa bikin barang model lama laku keras.

Minggu, 17 Mei 2009

Membookmark Isi Blog Di Situs Delicious.com

kemarin hari sabtu saya sudah membookmark isi blog ini di situs delicious.com. belum seluruh artikel terbookmark. namun sudah ada sekitar 5 artikel yang terbookmark. lumayan untuk pasang link dan memperkenalkan blog ini ke masyarakat dunia maya. kalau kita punya banyak link dimana-mana kan orang jadi mudah menemukan blog ini???

link website di profil ku di delicious.com juga udah aku ganti dengan link ke blog ini. terus kemarin nulis juga semacam pengumuman soal aku bookmark blog ini di delicious.com, aku pasang artikelnya di blog ku di www.myspace.com . tidak lupa aku bubuhkan juga link ke blog ini. biar teman-teman di myspace kalau baca blog ku mereka bisa langsung menuju blog ini dengan mengklik link yang ada disana.

kemarin juga menebar beberapa link di facebook. yang menarik kemarin ketemu situs www.jokosusilo.com . ketemu situs ini secara tidak sengaja pas lagi jalan-jalan cari ilmu soal mempopulerkan blog ini. nyari-nyari kata kunci di google pakai kata-kata: "seo blog", "blogwalking", "backlink". pas masuk disalah satu blog yg membahas soal itu, ketemu link ke situs bapak joko susilo. ternyata dia menekuni bisnis internet marketing.

lihat-lihat di blog nya banyak juga ilmu soal cara mempopulerkan blog yang kita bangun. hebatnya komentar di artikel nya sampai ratusan buah. kayak apa ya caranya si bapak joko mengumpulkan penggemar situs nya??? mungkin aja karena dia juga menebar link dimana-mana. jadi orang bisa masuk ke situsnya dari mana aja.

disana juga dibahas soal social media kayak facebook, friendster, delicious, digg. aku kan juga udah berusaha mempopulerkan blog ini lewat sosial media. jadi sudah menerapkan juga beberapa saran pak joko. yang aku baru tau yaitu soal social news kayak digg. terus ada juga katanya situs social bookmarking & social networking buatan indonesia. contohnya: fupei.com, www.lintasberita.com .

nanti mau jalan-jalan ke sana juga ah. nanti aku tulis reviewnya di blog ini kalau udah jalan-jalan kesana.

Sabtu, 16 Mei 2009

Catatan Browsing

malam sabtu aku browsing, buka-buka e-mail, bikin account di situs Myspace.com . buka facebook juga. buka yahoo

messanger tapi lagi sepi teman-teman yang online. sebenarnya dulu udah punya account di Myspace. tapi lupa sama

password nya jadinya bikin lagi. awalnya ingin bikin account di Myspace lagi adalah karena lihat ada logo Myspace di

salah satu halaman Google Friend Connect di blog ini. logo Myspace itu kalau kita klik nanti nya akan mengarahkan kita

ke fasilitas pesan di Myspace.

jadi kalau kita melihat ada artikel menarik, atau mungkin ada kata-kata yang menarik yang termuat di blog ini,

kemudian kita ingin memberitahukannya kepada teman-teman di myspace, atau ingin mendiskusikannya dengan teman

di myspace maka kita bisa memanfaatkan fasilitas ini.

kalau bagi saya sebagai pengelola blog ini adalah untuk memberitahukan kepada teman-teman di Myspace atau

facebook, bahwa saya sudah mengupdate blog ini, update apa saja yang dilakukan : tambah artikel baru, ganti

template tampilan blog, tambah fitur baru, atau ganti lagu di Musik Player.

kalau buka e-mail, tadi malam dapat dua e-mail yang menarik. dua-duanya didapat dari teman di forum xl-mania,

yang berada di situs yahoogroups. forum xl-mania ini merupakan forum untuk berdikusi tentang microsoft excel.

ternyata isi e-mailnya merupakan tanggapan dari sebuah posting saya di forum itu. saya posting soal Visual Basic For

Application yang ada di Microsoft Excel. pada postingan itu, juga saya beri attachment berisi file excel yg berisi contoh

kode yang ditulis dalam bahasa VBA.

salah satu dari teman itu, minta dikirimi referensi tutorial mengenai VBA. ini juga bisa jadi cara untuk mempromosikan

blog ini, kalau saya taruh alamat blog ini di signature e-mail yg saya kirimkan sebagai balasan ke teman di XL-mania

tadi. makanya kalau kita mau dikenal di dunia maya, tulislah sesuatu yang bermanfaat & bisa menolong orang lain.

Nanti respon yang baik bisa didapatkan juga.

kalau facebook perlu juga saya buka pakai laptop. soalnya sekarang kalau buka facebook di handphone dan kita

mengirimkan pesan, komentar, menulis status yang berisi alamat situs web, pasti dihapus sama facebook. jadinya sulit

kalau saya mau memberitahu teman di facebook alamat blog ini atau mungkin alamat situs lain yang menarik.

kemarin baca di sebuah media online, katanya facebook sempat kena phising. jadi ada member yang mengirimkan

pesan ke member lain. di dalam pesan itu disisipkan alamat sebuah situs. jadi kalau alamat situs di klik, maka di situs

yg terbuka member facebook disuruh menuliskan alamat e-mail, password, data pribadi lainnya. kita kan tahu data

pribadi sifatnya sangat berbahaya kalau disebarkan di internet.

itulah mungkin yang menyebabkan kita hanya bisa mengirimkan tulisan yang berisi link alamat situs di facebook

melalui komputer. dan harus mengisi kode verifikasi yang di berikan sebelum link itu dimuat dan pesan dipostingkan.

Jumat, 15 Mei 2009

Google Friend Connect, Sosialisasikan Blog Mu

kemarin saya sudah memasang sebuah widget yang bernama Google Friend Connect.
Dengan widget ini kita sebagai pemilik blog dapat lebih mudah berkomunikasi & menjalin hubungan sosial dengan para

pengunjung blog.
para pengunjung blog pun dapat berkomunikasi diantara sesama mereka dengan menggunakan Google Friend Connect.
sehingga kita dapat mengelola komunitas pembaca blog yg kita bangun. sehingga pada saat ini berkunjung ke sebuah

blog bukan hanya untuk membaca artikel.
namun juga untuk bertemu dengan teman-teman, menemukan teman-teman baru. sehingga blog tidak jauh berbeda

dengan situs jejaring sosial semacam Facebook, Friendster.

diharapkan dengan adanya google friend connect lalu lintas ke blog ini bisa meningkat. komunikasi dua arah yg

merupakan ciri dari teknologi web 2.0 pun bisa terbangun. sehingga para pengunjung pun bisa turut berpartisipasi

membangun muatan blog ini.

4Shared Media Player, Player MP3 Untuk Blogger

Kemarin kan saya bingung untuk memasukan aplikasi pemutar musik di blog ini.
Setelah browsing menggunakan Google, mencari-cari ilmu tentang cara menaruh media player di blog ini.
akhirnya ketemu beberapa cara, misalnya berbagai solusi media player & radio widget yg disediakan oleh situs-situs penyedia widget.

Awalnya sih ingin pakai widget radio yg berasal dari siaran stasiun radio yg online di internet.
Saya tertarik menggunakan widget radio ini dengan pertimbangan kita tidak perlu mengupdate link lagu yg ada di playlist widget.
karena stasiun radio tentu akan mengupdate sendiri lagu yg mereka siarkan sesuai dengan selera para pendengarnya.

kalau untuk stasiun radio yg online saya menyukai djwirya.com , soalnya lagunya asyik, dan pendengarnya bisa request lagu.
tapi sayangnya saya belum ketemu widget radio djwirya.com . kalau ada teman-teman yg tau tentang widget djwirya.com atau cara membuat widgetnya tolong beritahu saya.
akhirnya saya harus mencari lagi widget pemutar musik lain. yang tidak perlu instal software flash yg berat, setidaknya cukup dengan adobe flash player, tidak perlu menggunakan adobe shockwave player.

karena system requiretment untuk adobe shockwave itu lebih besar dari adobe flash player.
Akhirnya terpenuhi juga keinginan bikin media player untuk blog ini yg file nya dari 4shared.com.
ternyata di bawah gambar media player di situs 4shared.com terdapat empat buah textbox yg berisi kotak kode link lagu tersebut.
pada kotak yang bertuliskan "embed", bila kodenya kita copy paste kan ke halaman HTML/Java scrpt widget yang terdapat di Blogger, maka kode itu akan memunculkan sebuah media player di blog kita yg memainkan lagu yang ada dihalaman 4shared.com tadi.

saya membuka halam blog ini menggunakan koneksi internet Telkom Speedy, dan halaman blog dapat dibuka cukup cepat.
sehingga bisa disimpulkan bahwa widget media player dari 4shared.com itu tidak memberatkan koneksi internet. dan suara outputnya juga cukup jelas.

Rabu, 13 Mei 2009

Status Yang Ada Link Website Nggak Bisa Ditampilkan Di Facebook Mobile

Kemarin malam nyobain nulis status di facebook pakai laptop.
isi statusnya memberitahukan kalau aku udah update isi blog ini. aku masukin tuh alamat url blog ini di kotak status.
setelah tulis alamat url, tekan tombol "enter", maka muncul kotak minta kode verifikasi. setelah kode verifikasi ditulis

dibawah status muncul container yg isinya sekilas tentang blog ini.
setelah kode verifikasi diisi, dan ditekan tombol ok. maka kotak verifikasi menghilang & bisa melanjutkan menulis kode

verifikasi.
ketika kita mengklik tombol "Bagikan" untuk memposting status kita. maka facebook mengeluarkan satu lagi kotak

untuk meminta kita memasukan kode verifikasi.
setelah semua diisi, baru posting status kita dibagikan ke teman-teman di facebook.

Senin, 11 Mei 2009

Bingung Memasukan Lagu Ke Blog

kemarin saya coba-coba untuk memasang lagu di blog ini. soalnya dulu pas pakai friendster saya udah berhasil memasukan lagu di situ.
maksudnya biar kalau ada orang yg buka blog ini langsung akan terdengar suara musik. kalau di friendster saya bisa memainkan lagu dari file MP3 yg sudah diupload ke situs file hosting.
nyari-nyari di internet pakai google, ketemu sih beberapa tutorial. tapi tutorial yg kemarin ditemukan setelah kode-kode nya diterapkan di blog ini, musiknya tidak bisa langsung terdengar, tapi malah browser Mozilla Firefox meminta install missing plugin.
Sementara kalau di friendster kok kodenya langsung mau jalan ya???? saya sih inginnya lagu mp3 nya diambil dari situs 4shared.com, kan banyak bertebaran lagu mp3 disana.
jadi kalau ada yg tau kode buat pasang lagu di blog ini tolong dikasih tau ya, termasuk juga tutorialnya, yang tanpa perlu instal plugin tambahan di mozilla firefox.

Mendaftarkan Blog Ke Google Analytic

kemarin blog ini sudah didaftarkan ke google analytic. asyiknya google analytic bisa menampung lebih dari satu account situs untuk satu account e-mail Gmail yang kita punya.
jadi yang perlu didaftarkan hanya alamat blog ini, sementara untuk loginnya menggunakan satu alamat e-mail saja.
saya udah copy pastekan kode-kode yg diberikan ke tampelate blog ini. yang masih bikin saya bingung, apakah kalau kita misalnya ganti template apa kode itu mesti di copykan lagi????
Tolong kalau ada diantara kalian yang tahu/mengerti tentang hal ini mohon dijelaskan.

Avatar Di Yahoo Messanger Tidak Muncul

saya sudah bikin avatar di yahoo messanger. pas mau bikin avatar kan kita diarahkan ke yahoo avatar asia.
karena saya menggunakan yahoo messanger berbahasa indonesia, jadi diarahkan nya ke yahoo avatar asia.
mungkin ada diantara kalian yang menggunakan yahoo messanger US??? ke situs manakah kalian diarahkan untuk membuat avatar???

setelah selesai membuat avatar, saya simpan. namun ketika saya pilih menu untuk menampilkan avatar, avatar nya tidak mau muncul.
ketika saya click option box nya mau aja, tapi setelah di click tombol OK, window nya tertutup.
avatar nya belum muncul juga. apa avatar memang tidak berfungsi di yahoo messanger indonesia & cuma bisa di yahoo messanger US???
teman saya udah ada yang bisa membuat avatar di yahoo messanger & bisa muncul di YM saya ketika saya chatting dengan dia.

kalau ada yang tau cara membuat avatar muncul di YM indonesia, silahkan menuliskan cara nya di bagian komentar di bawah posting ini.
silahkan juga berbagi pengalaman kalian membuat avatar di yahoo & pengalaman dalam menggunakannya.

Harus Menulis Kode Verifikasi Saat Mengirim Pesan Berisi Link Di Facebook

pada hari minggu saya mencoba mengirimkan pesan di facebook untuk memberitahukan tentang alamat blog ini kepada teman saya.
pertama saya menulis pesannya menggunakan facebook mobile yg saya buka di hp nokia 6600.
saya tuliskan alamat url blog ini, dan kemudian saya kirimkan. ketika saya cek hasil pengirimannya ternyata ada tulisan : [link laman dihapus].
ternyata teman saya yang menerima e-mail itu juga tidak melihat link yg saya tuliskan.
ternyata yang dia lihat juga tulisan di dalam tanda kurung itu. akhirnya terpaksa alamat URL blog ini saya kirimkan menggunakan email.
saya penasaran juga kenapa bisa begitu??? akhirnya saya coba buka facebook di laptop dengan versi full nya (bukan yang versi mobile).

ternyata dilihat laptop halaman facebook yg berisi pesan saya yg mengandung alamat URL itu pun tidak nampak.
jadi saya coba lagi menuliskan alamat url blog ini di halaman pesan faceebook untuk mencari tahu apa yang salah.
setelah selesai ditulis dan tekan enter ternyata muncul kotak verifikasi di halaman facebook ku.
aku harus nulis kode verifikasinya. setelah dimasukan dan tekan OK. baru bisa lanjut nulis pesan lagi.
setelah selesai nulis kalimat dibawah url ini, saya tekan tombol kirim, eh diminta nulis kode verifikasi lagi.

padahal orang yg mau aku kirimi pesan itu udah jadi temanku. biasanya kan kita diminta nulis kode vrifikasi itu kalau orang yang mau kita kirimi belum jadi teman kita.
rupanya facebook memperketat lagi sistem keamanannya. mungkin sebelumnya ada yang berbuat rusak dengan memasukan alamat url di facebook.

ayo tulis pengalaman kalian yang berkaitan dengan sistem keamanan facebook. yang mungkin bikin kalian merasa aneh saat menggunakan facebook.
tulislah di kolom komentar. soalnya kan biasanya situs-situs pertemanan seperti facebook, friendster selalu mengupdate sistem keamanan mereka secara berkala.
inilah yang kadang bikin kita para pengguna merasa aneh karena tiba-tiba fiturnya berubah.

Yahoo Pingbox Tidak Muncul Di Blogger

kemarin sudah bikin pingbox yahoo di blog ini. udah copy paste kodenya ke gadget blogger.
tapi sampai sekarang kok belum muncul juga ya??? apa mesti nunggu beberapa lama sebelum pingbox nya muncul sendiri di blog kita.
seperti di friendster. Dibawahnya aku taruh widget yahoo messanger juga, apa ada bentrok antara dua gadget ini???
apa salah satunya harus dihapus??? sampai aku nulis posting ini, belum ketemu pemecahannya???
padahal di yahoo messanger ku sudah ada grup pingbox nya.

kalau ada diantara kalian yg punya pengalaman sama denganku silahkan menuliskan komentar dibawah posting ini.
tuliskanlah pengalaman & pengetahuan kalian mengenai pingbox yahoo messanger.
mungkin tulisan kalian juga bisa membantu saya dalam memunculkan pingbox yahoo messanger di blog ini.

Minggu, 10 Mei 2009

Ngomong Soal Handphone

Beberapa hari ini mengamati hp yg keypadnya QWERTY. Awalnya tuh yg bikin heboh hp model ini adalah Blackberry.

Padahal udah lama kan bb bercokol di indonesia. Tapi baru booming sehabis RIM jual bb secara retail.
Itu media online detikinet juga bikin berita-berita soal bb. Apalagi pas si iphone muncul, nah rame tuh diperseterukan

antara iphone & BB. Kemarin lihat-lihat yg merek motorola,samsung. Habis udah bosan sama merek nokia. Mau beli bb

tapi kemahalan.
Kalau merek-merek kayak bb, nokia, sony ericsson, apple iphone; tambah banyak yg beli, tambah malas mereka

nurunin harganya. Padahal pesaing-pesaingnya juga rame bikin hp yg meniru hp-hp mereka yg lagi booming.
Contohnya yg model QWERTY atau layar sentuh itu. Ternyata motorola & samsung juga bikin yg kayak gitu. Kalau yg

motorola masih lebih mahal dikit harganya daripada yg merek samsung. Mungkin karena motorola itu bikinan Amerika

Serikat, jadi ngikutin US Dollar, kalau samsung kan bikinan korea.

Buat kita yg ekonomi lemah sih menurut saya lebih baik nyari hp yg merek samsung aja, soalnya harganya lebih

rasional menurut saya. Samsung & motorola bikin hp kayak iphone & bb itu sejak tahun 2006-2007. setidaknya itu yg

saya tau dari hasil lihat-lihat model hp di situs internet.

Tapi kenapa hp samsung & motorola itu nggak booming ya??? Berarti kembali lagi soal canggih nya cara promosi RIM &

apple. Orang udah rame bikin hp model itu, tapi justru hp mereka yg laku keras dengan harga selangit lagi.

Emang kayaknya bikin penasaran ingin tahu resep sukses RIM & apple membuat hp mereka digila-gilai orang sepenjuru

dunia, apalagi orang jakarta. Sampai-sampai para artis pun bangga menenteng & memperlihatkan BB & iphone mereka

di TV. Padahal hp model itu kan udah “so last year”.

Dasar artisnya kali yg kurang buka internet yg soal hp, komputer, internet gitu. Mana ada yg model sama dengan harga

lebih murah lagi. Kok pilih yg mahal???

makanya kalau menurut saya kita mesti jadi pembeli yg pintar, jangan cuma kebawa emosi orang banyak. Lihat-lihat

juga dong perkembangan hp, komputer, internet yg ada diluar negeri. Biar kita nggak kebeli hp yg udah “so last year”

dengan harga gila- gilaan di indonesia.

Satu lagi tetap hati-hati bermain-main dengan foto digital. Soalnya udah banyak tuh foto digital yg bikin kasus &

heboh. Apalagi kalau fotonya udah masuk dunia maya.